Lihat ke Halaman Asli

Putri Faza

Universitas Pendidikan Indonesia

T3 Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya - Demonstrasi Kontekstual

Diperbarui: 29 Maret 2024   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengulas Asesmen di Ruang Kelas

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Kelas: VII

Fase: D

Capaian Pembelajaran: Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks penguatan karakter.

Tujuan Pembelajaran: 

1.Peserta didik mampu membuat kerangka cerita fantasi dengan memperhatikan ciri, struktur isi, kebahasaan, dan unsur intrinsik.

2. Peserta didik mampu mengembangkan kerangka cerita fantasi yang telah dibuat dengan menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan.

3. Peserta didik mampu menulis cerita fantasi berdasarkan imajinasi secara indah dan menarik.

Materi Ajar: Teks Cerita Fantasi

Jenis Asesmen: Asesmen Formatif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline