Lihat ke Halaman Asli

Putri Fajeri

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik Kelompok 158 UPI Mengunjungi Salah Satu UMKM Susu Sapi Perah di Desa Cipanas

Diperbarui: 9 Agustus 2022   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahasiswa Semester 6 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  Menyelanggarkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Tematik pemberdayaan masyarakat berbasis SDGs Desa.  Kegiatan KKN dimulai 11 Juli sampai 10 Agustus 2022, dimana pengelompokkan nya sesuai dengan penempatan mahasiswa sesuai domisili. 

Dengan bertema "Desa Tanpa Kemiskinan" Tujuan dalam desa tanpa kemiskinan merupakan sebuah tujuan dalam menargetkan tingkat kemiskinan seminimal mungkin. 

Mengunjungi salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  di salah satu wilayah Desa Cipanas.  UMKM tersebut adalah salah satu susu sapi perah,  memiliki sebanyak 10 ekor sapi perah jenis betina dan 3 ekor sapi yang masih kecil sehingga belum bisa untuk di perah. 

Dari hasil perternakan sapi perah ini, hasilnya dijual susu sapi dengan harga Rp. 10.000/ 1 liter dipasarkan di koperasi maupun cafe.  Apabila disetiap harinya memiliki lebihan susu perah dapat menghasilkan produk minuman susu sapi murni yang dikemas dengan harga yang terjangkau Rp. 2.000

Kegiatan yang dilakukan oleh KKN kelompok 158 merupakan bentuk upaya membantu UMKM dalam meningkatkan pasar serta membantu masyarakat untuk mencari produk yang dibutuhkan.  Tim KKN kelompok 158 Desa Cipanas berharap dengan kegiatan ini, UMKM Susu Sapi Perah dapat berkembang menjadi lebih luas oleh masyarakat, sehingga dapat membuka lapangan kerja warga Desa Cipanas




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline