Lihat ke Halaman Asli

Resolusi Sukses Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Diperbarui: 4 Oktober 2020   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Resolusi Sukses Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Resolusi mempunyai arti yaitu suatu tindakan perubahan dalam mencapai keinginan atau cita-cita. Sebagai mahasiswa kita harus mempunyai resolusi untuk mencapai semua keinginan atau cita-cita kita. Saya sendiri sebagai mahasiswa baru di fakultas ekonomi dan bisnis mempunyai resolusi yang ingin saya capai saat saya berkuliah nanti. Semua orang bebas menentukan resolusi masing-masing namun, jangan sampai resolusi yang dibuat terlalu berat sehingga tidak sanggup kita laksanakan. Sebaiknya buatlah resolusi yang masuk akal dan tidak terlalu memberatkan kita. Berikut adalah resolusi saya sebagai mahasiswa fakultas ekonomi bisnis.

1.Lulus tepat waktu tanpa adanya hambatan

Untuk mencapai resolusi tersebut kita harus tau kewajiban kita sebagai mahasiswa dalah belajar jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan saat belajar. Kemudian maksimalkan jumlah sks, jika  saat menyusun mata kuliah masih ada sks yang tersisa maka sebaiknya kita mengambil mata kuliah disemester atas. Selanjutnya kesampingkan hura-hura atau melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Daripada pergi hangout dengan teman lebih baik kita gunakan waktu tersebut untuk membaca jurnal atau menyelesaikan tugas kuliah. Terakhir, tentukanlah topik skripsi sejak awal. Pilih topik yang kita suka dan kuasai ilmunya sehingga lebih mudah saat menyelesaikan skripsi. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda skripsi sehingga bisa lulus tepat waktu.

2.Berperan aktif dalam berbagai kegiatan kampus

Sebagai mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis menambah relasi adalah hal yang penting. Banyak yang setelah lulus ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan bidang keahliannya, termasuk saya. Dengan aktif berorganisasi dikampus kita bukan hanya mendapatkan banyak relasi tapi kita juga bisa mendapatkan pengalaman baru yang mungkin kita tidak bisa dapatkan dimanapun. Tetapi kita juga tidak boleh melupakan resolusi yang pertama kita yaitu lulus tepat waktu. Kita harus bisa manajemen atau mengatur waktu yang kita punya, saya pribadi sesibuk dan sepadat apapun kegiatannya saya akan tetap memprioritaskan akademik atau kuliah saya. Karena harus kita ingat bahwa peran kita sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab untuk belajar. Jadi, tidak perduli sesibuk apapun kegiatan kuliahnya kita harus tetap memprioritaskan belajar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline