Lihat ke Halaman Asli

Pengembangan Potensi Mahasiswa FKIP Uhamka PLP 2 di SDN Batu Ampar 08 Pagi

Diperbarui: 5 Desember 2022   10:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa UHAMKA program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan kegiatan PLP2 (Pengenalan Lapangan Pesekolah). PLP2 ini dilakukan untuk memenuhi mata kuliah PLP2 di semester 7. Kegiatan PLP2 tesebut bertujuan mengenalkan kepada mahasiswa untuk terjun langsung dalam kegiatan di sekolah, mulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran. kegiatan ini mengintergrasikan pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa dengan belajar praktis di lapangan.

 Kegiatan PLP2 ini dilaksanakan dari tanggal 10 Oktober 2022 sampai dengan 12 Desember 2022. Kegiatan PLP2 di laksanakan di SDN BATU AMPAR 08 PAGI. Yang beralamat Jl. Damai Rt. 007/ 03 No. 60, Batu Ampar, Kec. Kramat Jati, Kota Jakarta Timur. 

Kegiatan PLP2 ini beranggota 7 orang mahasiswa yang terdiri dari Putri Cahya Kuncoro, Nabila Az Zahra, Refina Berlista Syawalda, Nadila Retno Julianisa, Hayana Wulandary, Bakil Firnanda Saputra, dan Delima Dora Tumanggor. Kelompok ini dibimbing oleh dosen pembimbing Novanita Whindi Arini, M.Pd dan guru pamong Dian Anggraini, S.Pd.

Kegiatan PLP2 di SDN BATU AMPAR 08 PAGI dilakukan secara offline atau tatap muka, dengan mematuhi protokol Kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah yaitu 3M, memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak. 

Adapun kegiatan yang dilakukan selama PLP2 yaitu menyusun kegiatan pembelajaran dan melakukan proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan empat hari terhitung dimulai dari hari Senin-Kamis yang terdiri dari kelas 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 5C, 6A, 6B. Sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah tersebut seperti gudang, kamar mandi guru, difabel, dan siswa, kantin, ruang guru, ruang kelas 1-6, ruang pertemuan, ruang serba guna, ruang kepala sekolah, ruang perpustakaan dan ruang UKS.

"Kegiatan kami selama berada di SDN BATU AMPAR 08 PAGI meliputi adanya kegiatan upacara pagi yang dilaksanakan setiap hari Senin, adanya kegiatan senam pagi setiap hari Selasa, adanya kegiatan Pramuka disetiap hari Rabu, kegiatan English Day yang dilaksanakan hari Kamis, adanya kegiatan bersih-bersih ruang perpustakaan, adanya kegiatan penyambutan siswa/siswi setiap pagi hari, kegiatan menggantikan guru mengajar di kelas. Selain itu kami juga mengikuti kegiatan pada acara Maulid Nabi dan Hari Guru." ujar salah satu mahasiswa.

Dian Anggraini, S.Pd, guru pamong sekaligus wali kelas V SDN BATU AMPAR 08 PAGI Pagi menuturkan, Program PLP2 Uhamka sangat baik karena untuk melatih kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dimana aspek ini sangat dibutuhkan dalam kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar. 

"Dengan adanya program PLP 2 ini bisa membantu untuk mengenal langsung lingkungan sekolah, suasana akademik, pelaksanaan administrasi,dan kondisi sosial sekolah, menguasai berbagai keterampilan mengajar, serta menerapkan dan mengembangkan empat kompetensi mengajar yaitu pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, dan memiliki pengalaman selama praktik sehingga mengetahui bagaimana sesungguhnya posisi dan peran profesional seorang pendidik," ungkapnya. 

Setelah 39 hari kami melakukan kegiatan PLP2 di SDN BATU AMPAR 08 PAGI, kami izin berpamitan kepada kepala sekolah, dewan guru dan seluruh siswa disetiap kelasnya. Tak lupa kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala sekolah yang sudah menerima dan memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan kegiatan PLP2 di SDN BATU AMPAR 08 PAGI. Kepala sekolah menyampaian sepatah dua patah kata kepada kami "Terima kasih teman-teman mahasiswa dari UHAMKA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang telah membantu dan ikut berpartisipasi disekolah ini" ungkap ibu Subiyanti, S.Pd selaku kepala sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline