Lihat ke Halaman Asli

Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Website di SMP ARRAISIYAH

Diperbarui: 10 Juli 2024   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Foto Milik Pribadi

Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah berkembang sangat cepat sehingga mengharuskan suatu instansi menggunakan sistem yang sudah terkomputerisasi agar dapat membantu kinerja pegawai maupun staf dengan mudah. Ujian merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi proses belajar. Dalam dunia pendidikan, ujian dimaksudkan untuk mengukur taraf pencapaian suatu tujuan pengajaran oleh siswa sebagai peserta didik, sehingga siswa akan dapat mengetahui tingkat kemampuannya dalam memahami bidang studi yang sedang ditempuh. Bila ternyata hasilnya belum maksimal, maka proses belajar harus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas. 

Pada saat ini di SMP Arraisiyah, dalam membuat ujian menjadi permasalahan dikarenakan pemborosan dalam penggunaan kertas dan masi banyak lagi. Kelebihan dari ujian online berbasis web ini adalah pelaporan nilai langsung, pengurangan penggunaan kertas, dan peningkatan keamanan proses ujian. Dengan tersedianya aplikasi ujian online berbasis web ini, saya harap dapat membantu guru atau penguji dalam menyelenggarakan ujian yang efektif serta efisien.

Berikut adalah Implementasi aplikasi ujian online berbasis web:

1. Implementasi Interface Login Admin

    Halaman ini diisi sebagai menu login.

    

Gambar: Foto Milik Pribadi

2.  Interface Home Admin 

Pada menu ini, admin terdapat beberapa menu seperti data guru, data siswa, kelola soal ujian, kelola peserta ujian, hasil ujian,       utilities, ganti password, dan keluar akun.

Gambar: Foto Milik Pribadi

3. Interface Data Guru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline