A. Pengertian Progresivisme
Progresivisme berasal dari kata progres yang berarti kemajuan, secara harfiah progresivisme diartikan sebagai aliran yang menginginkan kemajuan-kemajuan secara cepat. Jadi, progrevisme merupakan salah satu aliran dalam filsafat pendidikan yang menghendaki adanya perubahan secara cepat praktik pendidikan menuju ke arah yang positif, dengan kata lain pendidikan harus mampu membawa perubahan pada diri peserta didik menjadi pribadi yang tangguh dan mampu menghadapi berbagai persoalan serta dapat menyesuaiakan diri dengan kehidupan sosial dimasyarakat.
B. Pandangan Aliran Progresivisme dalam belajar
Menurut aliran ini belajar itu dilaksanakan berangkat dari asumsi bahwa anak didik itu bukan manusia kecil melainkan manusia yang sutuhnya dan mempunyai potensi untuk berkembang yang berbeda kemampuanya, aktif, kreatif, dan dinamis serta punyak motivasi untuk memenuhi kebutuhanya.dalam konteks ini, belajar semestinya dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak didik. Oleh karena itu, dalama pandanagan progresivisme belajar harus dipusatkan pada diri siswa bukan guru atau bahan pelajaran.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam belajar menurut pandangan progresivisme, di antaranyan :
1. Memeberikan kesempatan anak didik untuk belajar peorangan atau mandiri.
2Memberikan kesempatan kepada anak didik untuk belajar dari pengalaman.
3. Pendidik harus memberikan motivasi kepada peserta didik bukan perintah.
4. Mengikut sertakan peserta didik di dalam aspek kegiatan yang merupakan kebutuhan pokok.
5. Menyadarkan pada anak didik bahwa hidup itu dinamis
C. Pemikiran Tokoh Aliran Progresivisme