Lihat ke Halaman Asli

Peran Transportasi Online dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat pada Era Globalisasi di Indonesia

Diperbarui: 27 Juni 2022   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Latar Belakang

Pada era globalisasi ini, segala urusan dan kebutuhan menjadi lebih mudah untuk dijangkau. Secara umum, globalisasi merupakan proses saling keterkaitan atau ketergantungan antar negara dan manusia yang terjadi di berbagai sektor seperti ekonomi, teknologi, pendidikan, budaya, dan lain sebagainya.

Globalisasi hingga saat ini menjadi salah satu topik atau isu yang menarik untuk dibahas, karena konteks globalisasi bisa dibilang sangatlah luas. Globalisasi yang terjadi di Indonesia tentunya memberikan pengaruh terhadap masyarakat, baik itu pengaruh positif dan negatif.

Dalam tulisan ini, akan dibahas mengenai salah satu pengaruh positif dari globalisasi yaitu kemajuan teknologi. Teknologi yang semakin maju dan berkembang tentunya sangat membantu untuk membuat segala kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satu contohnya ialah adanya transportasi online yang kita sering kita lihat dan temukan, bahkan tidak jarang dari kita pasti pernah menggunakan atau memanfaatkan jasa dari transportasi online.

Pembahasan

A. Kemunculan Transportasi Online di Indonesia

Berkembangnya teknologi di era globalisasi ini diikuti dengan perkembangan transportasi yang semakin canggih. Lebih dari satu dekade yang lalu, sistem pemesanan jasa transportasi saat itu ialah melalui via Short Message Service (SMS). 

Dimana pengguna jasa mengirimkan pesan kepada driver dengan tujuan memberitahukan letak lokasi penjemputannya. Berbeda dengan sekarang ini, perkembangan teknologi semakin memudahkan kita untuk mengakses internet di mana pun dan kapan pun. 

Kemajuan teknologi ini ternyata mendorong salah satu pemuda dari bangsa kita yaitu Indonesia, yang terinspirasi untuk menaikkan level ke yang jauh lebih canggih dalam jasa transportasi.

Nadiem Makarim akhirnya mendirikan transportasi online pertama di Indonesia yaitu GO-JEK, yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah manusia yang membutuhkan jasa transportasi layanan ojek ini. 

Pada mulanya, GO-JEK hanyalah aplikasi yang berfokus pada layanan jasa ojek saja. Ojek merupakan penyedia jasa transportasi informal yang sudah ada jauh sejak lama, ojek juga biasanya ditemukan di pangkalan-pangkalan tertentu. Disebut sebagai pekerjaan informal ialah karena ojek tidak memiliki izin pengoperasiannya oleh pemerintah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline