Pada era digital 5.0 yang sangat dinamis ini, perusahaan dan para pemasar dihadapkan pada tantangan baru dalam mempromosikan produk dan layanan mereka. Salah satu platform yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah media sosial. Untuk menghadapi kompleksitas itu kami menyelenggarakan seminar dengan tema “Optimizing Marketing Strategies Through Social Media in the 5.0 Digital Era”. Seminar ini menyajikan wawasan mendalam dan praktis bagi para profesional pemasaran yang ingin menguasai strategi pemasaran yang efektif di era digital yang terus berubah. Dengan memahami peran media sosial, memanfaatkan teknologi yang tersedia, dan belajar dari studi kasus terbaik, peserta diberi alat yang diperlukan untuk berhasil bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif ini.
Kami mahasiswa asistensi mengajar Program Studi Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Malang menyelenggarakan seminar ini pada tanggal 31 Mei 2024. SMARTS ERA adalah seminar dengan tema “Marketing on Social Media” yang bertempat di Masjid Roudhatul Jannah SMK Negeri 1 Malang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh siswa-siswa kelas X Pemasaran dan siswa-siswi kelas XI Bisnis Retail dan XI Bisnis Digital. Siswa yang hadir akan mendapatkan experience & knowledge, E-sertifikat, relasi, serta doorprize. Seminar ini mendatangkan Narasumber dari Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang baru saja menyelesaikan studinya tahun ini yaitu Kak Amanda Nur Fadillah sebagai KOL specialist dan content creator. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan dengan sesama profesional dalam bidang pemasaran di media sosial serta dapat menambah wawasan yang lebih baik mengenai konsep dan potensi marketing on social media di era 5.0.
Narasumber seminar membahas tren terkini dalam penggunaan media sosial untuk pemasaran, termasuk dominasi video konten, penggunaan platform baru seperti TikTok, dan peningkatan pentingnya pengaruh mikro. Tantangan juga dibahas, termasuk perubahan algoritma platform, pertumbuhan adopsi teknologi yang cepat, dan kebutuhan akan transparansi dan keterlibatan dengan audiens. Kemudian peserta seminar diajak untuk mendalami strategi pemasaran yang efektif melalui media sosial. Ini termasuk penggunaan konten yang relevan dan menarik, targeting yang tepat menggunakan analisis data dan mencari fakta menarik.
Narasumber menjelaskan bahwa marketing tidak hanya soal produk namun juga lebih fokus kepada orang yang tidak tahu produk, dikarenakan dengan promosi di media sosial menjadikan orang yang tidak tahu produk akhirnya menjadi tahu. Dan jika ingin menjadi content creator maka diperlukan step by step. Step yang pertama yaitu bagaimana produk A dengan produk B berbeda. Kemudian step kedua yaitu pendekatan pada konsumen seperti, gender, usia, lifestyle. Kemudian step yang ketiga terdiri dari dua tipe yaitu content & solution dengan maksud mencari permasalahan atau membuat solusi melalui konten, dan tipe content terbagi menjadi dua yaitu 1) Problem Solving : konten dengan mengangkat permasalahan yang ada, dan 2) Telling Story : konten secara bercerita.
Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat memberikan sarana, menyalurkan ilmu pengetahuan, dan menambah keterampilan siswa-siswi SMK Negeri 1 Malang Bidang Keahlian Daring dan Pemasaran agar dapat bersaing dalam era digital.
Disusun oleh :
- Viola Putri Aurelita NIM 210411623616
- Octaviani Nur Hamidah NIM 210411623613
- Ninda Auni Azri NIM 210411623623
Mahasiswa Asistensi Mengajar periode Februari - Juni Universitas Negeri Malang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H