Lihat ke Halaman Asli

Steve DharmaSandika

Jr.Order processing Executive

Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya

Diperbarui: 14 Desember 2022   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Seiring berkembang pesatnya dunia E-Commerce dan online marketing di seluruh dunia, kini seluruh lapisan masyarakat dapat melakukan transaksi jual-beli dimanapun dan kapanpun dengan mudah dan aman. 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fasilitas aplikasi Marketplace. Dengan Marketplace, kini masyarakat dapat menjual produknya dengan mudah dan efisien tanpa membutuhkan modal usaha yang besar seperti berjualan secara offline atau konvensional.

Tapi, apakah semudah itu berjualan secara online?

Dengan semakin mudahnya akses masyarakat untuk melakukan penjualan secara online, maka muncul advantage dan tantangan bagi para new joiner yang mulai mencoba berjualan secara online pada Marketplace. salah satunya adalah semakin ketatnya persaingan usaha pada pasar produk yang sama. Persaingan ini tidak dapat dihindari tapi dapat kita mengatasi hal ini dengan meningkatkan Brand Awareness produk kita di pasar yang kita tuju.

Apa itu Brand Awareness?

Brand Awareness merujuk kepada keakraban calon konsumen kepada produk atau layanan tertentu. Maka, Brand Awareness Campaign atau kampanye kesadaran merek adalah kegiatan untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat luas dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar mengenai produk kita dan menciptakan hubungan informatif kepada calon konsumen.

Produk dengan Brand Awareness yang baik berpeluang besar untuk menguasai sebagian besar pasar untuk produk tersebut dan memberikan peluang lebih untuk menciptakan advantage bagi company/pengusaha tersebut  mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk produk lainnya di pasar yang berbeda. Sebagai Contoh : Indofood dengan indomienya, danone dengan aquanya.

Lalu, Bagaimana cara meningkatkan Brand Awareness bagi produk yang ingin kita pasarkan?

Meningkatkan Brand Awareness merupakan salah satu strategi usaha untuk meningkatkan penjualan dan menciptakan Public Trust (Kepercayaan Masyarakat) kepada usaha kita dan produk-produk yang kita pasarkan, untuk meningkatkan Brand Awareness, Kita dapat melakukan beberapa strategi berikut ini :

1. Fokus Pada Produk

Strategi Brand Awareness yang baik berkisar pada produk yang kuat. Kita perlu memastikan bahwa produk yang kita pasarkan merupakan jawaban atas apa yang pasar butuhkan, dan masyarakat bisa mendapatkannya dengan lebih mudah dibandingkan produk milik kompetitor.
Fokus pada membuat nilai produk yang menarik,unik, dan merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh pasar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline