Lihat ke Halaman Asli

Putri Anggun

Mahasiswa

Akuntansi dalam Asuransi Syariah

Diperbarui: 23 April 2024   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kelompok 1

Mehesa Atila Dewanta (212111010)

Putri Anggun Dewi Setyawati (212111014)

Dyah Eka Ratnasari (212111027)

Fredika Dela Novita (222111048)

Nandana Auzan Aji Prasetya (212111330)

Pengertian Akuntansi Asuransi Syariah

Akuntansi asuransi syariah adalah sistem pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan keuangan dalam perusahaan asuransi syariah yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariat Islam.

Prinsip-prinsip utama akuntansi asuransi syariah dan Implementasinya antara lain:

Adil (Al-'Adl): Semua pihak yang terlibat dalam transaksi asuransi syariah harus diperlakukan secara adil dan tidak ada pihak yang dirugikan.
Transparan (Asy-Syar'ah): Semua informasi terkait transaksi asuransi syariah harus dibuka secara jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak.
Akuntabilitas (Al-Mas'uliyah): Semua pihak yang terlibat dalam transaksi asuransi syariah harus bertanggung jawab atas tindakannya masing-masing.
Keadilan (Al-Ihsan): Semua pihak yang terlibat dalam transaksi asuransi syariah harus saling membantu dan meringankan beban satu sama lain.


Akuntansi asuransi syariah di Indonesia diatur oleh beberapa standar, antara lain:

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 108: Akuntansi Transaksi Asuransi Syariah yang diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntansi Syariah (DSAS) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).
Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 21/DSN-MUI/IV/2001 tentang Polis Asuransi Syariah .
Akuntansi asuransi syariah sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan asuransi syariah dijalankan secara adil, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap asuransi syariah dan mendorong pertumbuhan industri asuransi syariah di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline