Pelatihan dan pengembangan SDM adalah suatu bagian kegiatan yang meningkatkan kapasitas SDM agar bisa menjadi sumber daya yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan, keterampilan bekerja, tingkat professionalisme yang tinggi dalam bekerja.
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. ("TELKOM", "Perseroan", "Perusahaan" atau "Kami") adalah penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan
Dalam upaya memenangkan kompetisi global, PT Telkom mengembangkan profesionalisme pada Sumber Daya Manusia, melalui program sertifikasi dan program global talent. Hal ini sebagai bentuk dalam menghadapi ASEAN Economic Community ("AEC") pada tahun 2015 mendatang.
Berikut ini adalah strategi pengembangan kompetensi Telkom, yaitu:
Lateral Strategy : berupa pelatihan yang diarahkan ke many to many marketing dan community marketing.
Empower Strategy : merupakan pelatihan yang mengarah ke saluran pengiriman, pemberdayaan manusia, dan peningkatan penjualan.
Accelerate Strategy : merupakan pelatihan untuk mendukung penetrasi dan akuisisi, serta peningkatan proses bisnis.
DNA Strategy : berupa pelatihan untuk menggali informasi mengenai produk- produk yang ditawarkan Telkom Group, meliputi device, network dan aplikasi atau konten.
Strategi PT Telkom Indonesia dalam manajemen SDM
Manajemen Telkom selalu menerapkan bahwa dalam menjalankan pekerjaannya, karyawan harus merasa senang, sehingga pekerjaan seberat apapun dapat diselesaikan dengan lebih mudah. Hal ini dapat mendukung penyediaan fasilitas kerja yang modern dan mampu menumbuhkan semangat kerja karyawan, seperti menghadirkan kantor dengan konsep Smart Office dimana dalam menyelesaikan pekerjaannya, karyawan tidak melulu harus berada di balik meja.
Program PT Telkom Indonesia Dalam memanajemen Sumber Daya Manusia