Lihat ke Halaman Asli

Putri Risna Anggriani

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pelayanan Publik Maskapai Pt Garuda Indonesia

Diperbarui: 13 November 2023   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PT.   Garuda   Indonesia Airline adalah salah satu maskapai penerbangan yang dimilki oleh pemerintah Indonesia yang  dibawah naungan  BUMN.  PT Garuda   Indonesia   memiliki   peranan yang    sangat    penting    memajukan pembangunan  nasional  dalam bidang transportasi udara. PT Garuda Indonesia Airline dapat  mengoperasikan  jaringan udara  dosmetik  yang  sangan  terbesar menghubungkan   setiap   pusat   kota utama  dengan  daerah  terpencil.  PT Garuda   Indonesia   saat   ini   sudah bergabung   dengan SkyTeam yang memiliki  prinsip  yang  selalu  dipegang untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Garuda Indonesia didirikan pada tanggal 26 Januari 1949 oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, Kalimantan Barat. Maskapai ini merupakan hasil nasionalisasi dari maskapai penerbangan Belanda KNILM (Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij) dan De Kroonduif. Pada awalnya, Garuda Indonesia didirikan dengan nama "Garuda Indonesian Airways."

 Penerbangan perdana Garuda Indonesia dilakukan pada tanggal 26 Januari 1949 dari Jakarta ke Amsterdam, Belanda, melalui beberapa kota di Asia dan Eropa. Perjalanan ini menggunakan pesawat Dakota DC-3. Garuda Indonesia terus mengembangkan jaringan rutenya, menyediakan layanan penerbangan baik domestik maupun internasional. Pada tahun-tahun berikutnya, maskapai ini juga memperkenalkan pesawat-pesawat baru untuk meningkatkan layanannya.

Produk  utama  dari airlines yang dapat    menjadi    tolak    ukur    dari profesionalisme airlines bagi para pengguna  jasa  dan merupakan  salah satu    faktor    persaingan    diantara perusahaan. Garuda Indonesia merupakan    maskapai    yang    selalu memberikan   pelayanan   prima,   oleh karena     itu     dalam     memberikan pelayanan,  petugas ticketing, broading pass dituntut   untuk   menghasilkan kualiats   pelayanan   baik   agar   dapat memberikan  kepuasan  kepada  semua penumpangnya.

Seiring berjalannya waktu, Garuda Indonesia meraih berbagai prestasi dan penghargaan dalam industri penerbangan. Maskapai ini diakui sebagai salah satu maskapai terkemuka di kawasan Asia. Garuda Indonesia dikenal sebagai maskapai penerbangan nasional Indonesia. Kualitas pelayanan suatu maskapai penerbangan dapat bervariasi dari pengalaman ke pengalaman, dan bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti rute penerbangan, kelas pelayanan, waktu perjalanan, dan lainnya.

Beberapa aspek yang sering dievaluasi ketika membahas kualitas pelayanan maskapai penerbangan termasuk:

  1. Pelayanan Kru Kabin: Kesopanan, keramahan, dan profesionalisme kru kabin dapat memiliki dampak signifikan pada pengalaman penumpang.
  2. Makanan dan Minuman: Kualitas makanan dan minuman yang disajikan selama penerbangan.
  3. Kenyamanan Kursi: Ruang kaki, lebar kursi, dan fasilitas lainnya yang dapat meningkatkan kenyamanan penumpang.
  4. Sistem Hiburannya: Ketersediaan hiburan selama penerbangan, seperti film, musik, dan sistem hiburan lainnya.
  5. Punctuality (Ketepatan Waktu): Kemampuan maskapai untuk mengoperasikan penerbangan sesuai jadwal.
  6. Proses Check-in dan Boarding: Efisiensi dan kemudahan proses check-in dan boarding.
  7. Program Loyalitas dan Bonus: Program loyalitas atau keuntungan tambahan untuk penumpang yang sering terbang dengan maskapai tersebut.
  8. Kebersihan dan Kondisi Pesawat: Kebersihan pesawat dan kondisi umumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline