Lihat ke Halaman Asli

Putri Anggraini

mahasiswa universitas negeri medan

Menganalisis Kesalahan Siswa SMP pada Materi PtLSV

Diperbarui: 6 Desember 2022   11:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berdasarkan hasil jawaban yang diperoleh dari siswa dalam menyelesaikan soal HOTS bangun ruang sisi lengkung, hasil tersebut dianalisis untuk di data tiap butir soalnya secara rinci oleh peneliti serta menyajikannya dalam Tabel 1 berikut.

Berdasarkan Tabel 1 terlihat jelas bahwa beberapa siswa mengalami skor tidak maksimal sehingga terdapatnya sebuah kesalahan yang berarti penyelesaian yang didapatkan tidak sesuai dengan data ditanyakan. Analisis kesalahan yang akan dilaksanakan oleh peneliti ialah pada soal yang dikerjakan siswa yang terdapat kesalahan.

1. Ujilah nilai P + 3, jika diketahui P merupakan penyelesaian persamaan

1/2 (8x -- 12) = 2 (x -- 6).

Gambar 1. Analisis Jawaban Soal Nomor 1 (kanaya)

Berdasarkan Gambar 1 diatas yang merupakan jawaban dari soal host matematika siswi bernama Kanaya mengenai materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kanaya mengerjakannya tidak maksimal sehingga terdapatnya sebuah kesalahan pada butir soal nomor 1, Penyelesaian siswa tersebut menunjukkan terdapat kesalahan pada bagian kedua yaitu tanda + dan  tanda - seharusnya 4x-2x bukan 4x+2x yang berarti bahwa kanaya masih belum paham dalam menempatkan suatu bilangan itu positif (+) atau negatif (-) sehingga terjadi kesalahan saat memgerjakan soal host matematika materi yang berhubungan pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Kesalahan tersebut didasari karena siswa tidak atau kurang memahami konsep, tidak teliti dan tergesa-gesa serta hal tersebut sejalan hasil penelitian oleh Novferma (2016) yang menjelaskan kesulitan pada pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, pengetahuan metakognitif dan faktor eksternal ketergesaan dalam mengerjakan soal dan ketelitian.

2. Evaluasilah hasil dari 6 (3x + 1) + 2 = 4x + 3.

Gambar 2. Analisis Jawaban Soal Nomor 2 (Dimas)

Berdasarkan Gambar 2 diatas yang merupakan jawaban dari soal host matematika siswa bernama Dimas mengenai materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Dimas mengerjakannya tidak maksimal sehingga terdapatnya sebuah kesalahan pada butir soal nomor 2, Penyelesaian siswa tersebut menunjukkan terdapat kesalahan pada bagian kedua yang berarti bahwa dirinya salah menginterpretasikan soal, dan tidak memahami saat mengerjakan soal host matematika dan juga tidak memahami penggunaan rumus dalam materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel sehingga menyebabkan kesalahan sampai akhir

3. Tuliskan himpunan penyelesaian pertidaksamaan 2 < 2x + 8 12

Gambar 3. Analisis Jawaban Soal Nomor 3 (cristina)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline