Lihat ke Halaman Asli

putriana arsicha sari

Universitas Wahid Hasyim

Analisa Mengenai Karakteristik Wirausaha Pengambil Resiko (Risk Taker) pada UMKM Rudi Duri Fashion di Ungaran

Diperbarui: 10 April 2023   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

UMKM Rudi Duri Fashion yang terletak di Langensari, Kabupaten Ungaran ini merupakan salah satu dari sekian banyak nya UMKM yang kami tuju. UMKM ini sudah berdiri sejak tahun 2016, terhitung 4 tahun lama nya UMKM ini di dirikan. Dengan owner yang sangat kompeten di bidang nya yaitu, Mas Rudi


Dari observasi dan wawancara yang sudah dilakukan, banyak hal yang kita ketahui dalam berwirausaha. Mulai dari hal hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha, Resiko dalam membuka usaha, dan hal hal lainnya.

Nah, dari banyak nya karakteristik wirausaha, Mas Rudi ini memiliki karakter pengambil resiko (Risk Taker). Seorang wirausaha pasti akan selalu bertemu dengan yang nama nya Resiko. Beberapa wirausaha pasti akan menciut nyali nya jika mendapat Resiko, berbeda dengan Mas Rudi. Mas Rudi selalu menganggap resiko adalah tantangan yang harus dihadapi. Mau bagaimana lagi? Jika seorang wirausaha menciut saat mendapat resiko, kapan usaha tersebut akan berkembang?. Beliau menjadi kan resiko ini sebagai tempat untuk belajar mengembangkan usaha nya lebih luas lagi.

Beliau selalu mengerti bagaimana cara menghadapi resiko tersebut. Sebagai Owner wirausaha, beliau selalu menjaga mood karyawan, harus me manajemen keuangan antara pemasukan dan pengeluaran agar tidak boncos dan menimbulkan resiko yang lebih besar lagi.

Belum lagi jika ada customer yang tidak kunjung mengambil pesanan nya, padahal sudah jadi dan belum payment sama sekali. Jika wirausaha lain, pasti akan menyumpah serapah customer tersebut. Namun, Mas Rudi tidak ambil pusing masalah tersebut. Karena mungkin saja customer tersebut sedang ada masalah ekonomi atau pun masalah lain nya sehingga pesanan tersebut tidak diambil. Hal tersebut juga tidak selalu terjadi, mungkin hanya 1 atau 2 saja.

Beliau juga selalu ber inovasi, dan mempromosikan usaha nya lebih gencar lagi di berbagai media social seperti facebook, instagram, tiktok, dan social media lain nya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline