Lihat ke Halaman Asli

KKN Unisri 2002: Peningkatan Gaya Belajar Menulis pada Anak di Dukuh Tumpangsari, Klaten

Diperbarui: 27 Agustus 2020   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan Belajar Online/dokpri

Kami, Iis Mustika Siwi dan Putriana Vita Wulansari yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menjadi anggota kelompok 11 KKN dengan Dosen Pengampu Lapangan Drs. Sumaryanto M.M

Dalam masa pandemi covid-19 ini mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta melakukan program Kuliah Kerja Nyata selama 40 hari di Tumpangsari RT 04 RW 04, Kapungan, Polanharjo, Klaten untuk mendukung dan menguatkan program penanggulangan covid-19 oleh karena itu, Universitas Slamet Riyadi Surakarta pada KKN tahun ini mengambil tema "KKN Bali Ndeso Cegah Covid-19" yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli 2020 -- 20 Agustus 2020.

Pendampingan Pembelajaran Daring/dokpri

Kami mahasiswa peserta KKN jurusan PGSD mendampingi belajar online di pendopo Dukuh Tumpangsari RT 04 RW 04, Kapungan, Polanharjo, Klaten terdiri dari anak SD dan SMP kurang lebih 20 anak. Waktu pendampingan belajar online tersebut dilaksanakan hari Senin dan Rabu pada pukul 09.00 -- 11.00 WIB. Dari masing -- masing anak mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam belajar salah satunya kesulitan menulis untuk membedakan antara huruf satu dengan huruf lainnya. 

Jika pendamping membacakan soal dengan tempo sedang lalu anak tersebut menulis dengan tergesa -- gesa hal ini bisa dikatakan gangguan memori penyebab terjadinya kesulitan menulis karena anak tidak mampu mengingat apa yang akan ditulis yang baru saja diucapkan oleh pendamping. 

Jika gangguan menyangkut ingatan visual, maka anak akan sulit untuk mengingat huruf. Beberapa siswa yang kesulitan belajar menulis jenis ejaan memiliki hambatan untuk mengubah bunyi ke dalam bentuk tulisan sehingga tidak melakukan tugas dikte. 

Penulisan hurufnya ada yang salah yaitu membedakan antara huruf F dan V hal tersebut bisa dikatakan persepsi visualnya yang terganggu, anak sulit membedakan bentuk huruf hampir sama. Terjadi pada beberapa anak diantaranya kelas 6 SD. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor lingkungan contohnya anak dibebaskan untuk bermain handphone, orang tua yang kurang memperhatikan anak dalam belajar dan terlalu sibuk dengan urusannya masing -- masing. 

Les Private/dokpri

Lalu kita mempunyai inisiatif untuk melakukan les private dirumah anak tersebut. Dengan melakukan kegiatan antara lain menghafalkan huruf abjad selama 2 hari dengan bimbingan kita serta memberikan motivasi semangat belajar. Untuk hari berikutnya kami menguji kemampuan anak dengan membacakan cerpen secara pelan dan anak tersebut menulisnya kembali dengan kita bimbing. 

Untuk mengajarkan menulis permulaan ada beberapa jenis media yang dapat digunakan yaitu kertas yang ada tulisan huruf abjad. Pengenalan huruf dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Pengenalan ini untuk melatih indra siswa dalam mengenal dan membeda - bedakan dan lambang - lambang tulisan. Majalah anak dapat digunakan untuk tugas menyalin kalimat sederhana yang ada didalamnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline