Lihat ke Halaman Asli

Tiga Pekan Mahasiswa Pendidikan Matematika UHAMKA Mengajar di SMP Al-Ihsan Leuwiliang

Diperbarui: 4 Maret 2022   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

          Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) dengan tujuan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan mereka serta mendapatkan bagaimana pengalaman langsung terjun ke dunia pendidikan di sekolah. Selain itu, dalam kegiatan PLP 2 ini mahasiswa melakukan pengamatan dan observasi mengenai bagaimana pendidikan yang telah berjalan di satuan pendidikan.

         Selama kurang lebih tiga pekan mulai dari tanggal 31 Januari 2022 sampai dengan 18 Februari 2022 kegiatan PLP 2 telah terlaksana di SMP Al-Ihsan Leuwiliang yang berlokasi di Jl. Raya Cengal Agropolitan KM 2,5 Kp. Kebon The RT.04/06 Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang Kab. Bogor. Pembukaan Kegiatan PLP 2 dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan apel pagi yang dihadiri oleh seluruh siswa dan guru SMP dan MA Al-Ihsan serta enam mahasiswa dari program studi Pendidikan Matematika yang akan melaksanakan kegiatan KKN di SMP Al-Ihsan.

         "Saya ucapkan terima kasih banyak karena telah bersedia untuk mengabdi bersama kami. Semoga dengan kedatangannya kakak-kakak dari UHAMKA siswa dan siswi lebih semangat dalam mempelajari matematika serta termotivasi untuk bisa melanjutkan pendidikan sampai perkuliahan seperti kakak-kakak ini." Ucap Ibu Heni Rustiani selaku kepala sekolah SMP Al-Ihsan.

dokumentasi pribadi

Kegiatan PLP 2 ini dilaksanakan oleh enam orang mahasiswa yang terbagi menjadi tiga tim pengajar berdasarkan kelas VII, kelas VIII dan kelas IX. Untuk tim pengajar kelas VII terdapat Putri Amalia Oktafiani dan Yudha Renaldy, tim pengajar kelas VIII terdapat Aida Ar Rahmah dan Rohmah Nurjanah, tim pengajar kelas IX terdapat Aisyah Nurwulan Ekadiarsi dan Ummi Athifah. Dalam pelaksanaan kegiatan PLP 2, mahasiswa menerapkan pembelajaran matematika yang bervariasi. Untuk pembelajaran di kelas VII mahasiswa menerapkan bagaimana pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada materi aritmetika sosial, lalu di kelas VIII mahasiswa menerapkan bagaimana pembelajaran dengan membuat kreativitas mind mapping untuk memudahkan peserta didik dalam memahami apa saja yang telah dipelajari dalam materi Teorema Pythagoras dan di kelas IX mahasiswa menerapkan bagaimana pembelajaran dengan penggunaan alat peraga papan kekongruenan dan kesebangunan untuk memudahkan peserta didik memahami bagaimana konsep materi kekongruenan dan kesebangunan serta membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

         Dalam kegiatan PLP 2, mahasiswa mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran. Mulai dari bagaimana membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bagaimana proses belajar mengajar langsung di kelas serta arahan dan masukan dari guru-guru mata pelajaran matematika sekaligus menjadi guru pamong mahasiswa selama kegiatan PLP 2. Kegiatan PLP 2 diakhiri dengan penutupan yang dilaksanakan di masjid Nurul Ihsan pada hari Jum'at tanggal 18 Februari 2022 yang dihadiri oleh guru-guru dan seluruh siswa SMP dan MA Al-Ihsan.

         "Kami ucapkan banyak terima kasih kepada guru-guru yang telah memberikan arahan dan bimbingannya kepada kami selama kegiatan PLP 2 ini berlangsung serta kami memohon maaf atas kesalahan dan kekurangannya baik itu yang disengaja maupun yang tidak disengaja." Ucap Yudha Renaldy selaku perwakilan dari mahasiswa UHAMKA pada acara penutupan kegiatan PLP 2.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline