Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Disiplin Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhdap kinerja karyawan

Diperbarui: 3 Februari 2025   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

2.1 Manajemen Sumber Daya Manusia
      Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen. Jadi manajemen itu merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan. Dalam manajemen terdapat beberapa unsur manajemen yang terdiri dari man, money, methods, materials, machine and market. Supaya unsur-unsur manajemen tersebut lebih berdaya, berhasil guna integrasi, dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal, maka pimpinan perusahaan dengan wewenangnya sebagai pimpinan harus bisa mengaturnya melalui proses dari urutan dan fungsi- fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
      Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia  dan sumber daya lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen sumber daya manusia (Human resourse-HR management) adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efesiensi guna menapai tujuan-tujuan organisasional.
      Adapun pengertian manajemen sumber daya manusia dari beberapa para ahli sebagai berikut :
Menurut Hasibuan (2014:10) didefinisikan sebagai berikut:"Manajemen sumber daya manusia adalah ilm dan seni yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat".
 Mangkunegara  (2013:2)  juga  menjelaskan  bahwa : "Manajemen sumber daya manusia sebagai suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, gaya kepemimpinan, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi, dan masyarakat".
 Menurut Hasibuan (2014:9) manajemen adalah: "Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu".
Dari definisi di atas, penulis membuat suatu kesimpulan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, gaya kepemimpinan, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi, dan masyarakat.

2.1.1 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
         Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan mewujudkan hasil tertentu melalui kegiatan orang-orang. Hal ini berarti bahwa sumber daya manusia berperan penting dan dominan dalam manajemen hal tersebut sesuai dengan yang dinyatakan oleh Hasibuan.
      Menurut Hasibuan (2013:13) fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia diantaranya:1

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah merencanakan tenaga kerja secara efektif dan efisien agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya tujuan perusahaan dilakukan dengan menetapkan program kepegawaian yang meliputi pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, dan pemberhentian karyawan.

2.Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian adalah kegiatan untuk mengorganisasian semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bagan organisasi (organizaion chart). Organisasi hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan dan dengan pengorganisasian yang baik akan membantu terwujudnya tujuan secara efektif.

3.Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah kegiatan mengarahkan semua karyawan untuk mau saling bekerja sama serta bekerja secara efektif dan efisien dalam membantu tercapainya tujuan persahaan, karyawan, dan masyarakat. Pengarahan dilakukan pemimpin dengan menugaskan bawahan agar mengerjakan tugasnya dengan baik.

4.Pengendalian (Controling)

Pengendalian adalah kegiatan mengendalikan semua karyawan, agar mentaati peraturan-peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana. Apabila terjadi kesalahan atau penyimpangsn dapat dilakukan tindakan perbaiakn dan penyempurnaan rencana. Pengendalian karyawan meliputi kehadiran, perilaku, kerjasama, pelaksanaan pekerjaan, dan menjaga situasi lingkungan pekerjaan.

5.Pengadaan (Procurement)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline