Lihat ke Halaman Asli

Contoh Usaha Marketing dan Selling Serta Perbedaannya

Diperbarui: 28 Maret 2022   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses marketing dan selling adalah sebuah proses yang berbeda, dimana seseorang yang telah melakukan marketing sudah pasti melakukan selling. Sedangkan  orang yang melakukan selling belum tentu melakukan marketing. 

Untuk itu pada artikel ini saya akan memberikan contoh dari usaha yang melakukan proses marketing dan Usaha yang melakukan proses Selling. 

Contoh dari salah satu usaha yang melakukan proses marketing adalah Wardah.  Wardah merupakan salah satu brand kecantikan dari Indonesia,  yang mulai diperkenalkan sejak tahun 1995. Sedangkan salah satu contoh dari usaha yang melakukan proses selling adalah toko bangunan. Toko bangunan adalah toko  yang bergerak dibidang penjualan bahan-bahan material bangunan yang digunakan untuk tujuan konstruksi. 

Mengapa wardah dikategorikan kedalam marketing dan toko bangunan dikategorikan kedalam selling? 

Karena Wardah dan toko bangunan melakukan proses yang berbeda dalam usahanya. Adapun perbedaannya yaitu

1. Wardah

Wardah merupakan brand kecantikan Indonesia yang diproduksi oleh perusahaan besutan Nurhayati Subakat yaitu PT Paraghon Technology Innovation dengan tujuan menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi orang lain. Tujuan ini pernah disampaikan oleh ibu Nurhayati Subakat di Sindonews.com

Produk wardah sendiri telah mencapai lebih dari  400 jenis dari skincare hingga makeupmakeup. Harga dari produk wardah juga beragam dari belasan ribu hingga ratusan ribu. 

Dalam proses usahanya wardah banyak menggunakan strategi promosi seperti iklan di TV ataupun media sosial dan menjadikan artis sebagai brand ambassador mereka seperti Sandra Dewi dan Dinda Hauw. 

Berikut beberapa contoh promosi yang wardah lakukan dibeberapa media sosial

-instagram (https://instagram.com/wardahbeauty?utm_medium=copy_link

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline