Lihat ke Halaman Asli

Putri Nurmalasari

Mahasiswa PGSD Universitas Pelita Bangsa

Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi untuk Materi Ejaan yang Disempurnakan (EYD) pada Siswa di Sekolah Dasar

Diperbarui: 18 Januari 2024   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi untuk Materi Ejaan yang Disempurnakan (EYD) pada Siswa di Sekolah Dasar

Putri Nurmalasari

(132310067)

Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh teknologi sangat terasa di berbagai bidang salah satunya di bidang pendidikan. Teknologi mengubah cara kita belajar dan mengajar. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam pembelajran materi ejaan yang disempurnakan (EYD) pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran interaktif berbasis teknologi.

Media pembelajaran merupakan perangkat lunak (Software), berupa pesan atau informasi pendidikan yang disajikan dengan menggunakan suatu perangkat bantu (Hardware) agar pesan atau informasi tersebut sampai kepada peserta didik. Media interaktif adalah media yang dapat menghasilkan interaksi aktif peserta didik melalui media yang disajikan. Media pembelajaran interaktif merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggabungkan teknologi dan interaksi aktif siswa dalam proses pembelajaran, media pembelajaran interaktif melibatkan berbagai alat dan platform yang dapat digunakan, seperti perangkat lunak pendidikan, video pembelajaran, aplikasi, dan permainan edukasi.

Ejaan yang disempurnakan (EYD) adalah tata bahasa dalam bahasa Indonesia yang mengatur penggunaan bahasa Indonesia dalam tulisan, mulai dari pemakaian dan penulisan huruf kapital, huruf miring, serta penulisan unsur serapan. Ejaan merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah tulisan, namun pada kenyataannya masih banyak kesalahan yang dilakukan siswa sekolah dasar, contohnya penggunaan huruf kapital yang tidak sesuai dengan aturan.

Melalui media pembelajaran interaktif memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif dan lebih menarik. Seperti penggunaan video, aplikasi dan permainan edukatif, siswa dapat belajar tentang EYD secara lebih praktis dan menyenangkan. Misalnya, siswa dapat menonton video yang menjelaskan tentang aturan ejaan yang benar, kemudian siswa berpartisipasi dalam permainan interaktif seperti Quizz untuk menguji pemahaman siswa.

Selain itu, pembelajaran interaktif juga memberikan kemudahan kepada siswa dalam mempelajari materi ejaan yang disempurnakan (EYD), siswa dapat mengakses materi pembelajaran dan belajar secara mandiri melalui perangkat elektronik, seperti komputer atau smartphone. Siswa juga dapat menguji pemahaman dengan latihan interaktif dan mendapatkan umpan balik secara langsung tentang kesalahan terkait materi ejaan yang disempurnakan (EYD). Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi dan menghindari kesalahan yang sama di masa depan.

Secara keseluruhan, pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi untuk materi ejaan yang disempurnakan (EYD) di sekolah dasar, membantu siswa agar dapat belajar dengan mudah, interaktif, mandiri dan juga menyenangkan. Dengan adanya fleksibilitas dan mendapatkan umpan balik secara langsung, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai ejaan yang disempurnakan (EYD).

Daftar Pustaka :

Agung, Sri. 2023 Sept 8. Media Pembelajaran Interaktif : Revolusi Pendidikan Abad ke-21.  Guru Inovatif. [diakses 20 Desember 2023].

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline