Lihat ke Halaman Asli

Putri Permata

Mahasiswa 23107030069 UIN Sunan Kalijaga

Skincare Basic yang Harus Kalian Coba!

Diperbarui: 8 Maret 2024   01:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Skincare adalah hal wajib dan tidak boleh dilewatkan oleh seseorang agar kulit mereka terjaga dan sehat. Namun, bagi pemula terkadang masih terasa sulit dan takut untuk memulai menggunakan produk skincare.

Untuk kamu yang ingin merawat kulit, mulailah dari tahapan yang paling mudah dan basic. Tetapi mungkin kamu masih belum tahu mana yang harus digunakan terlebih dahulu, contohnya seperti sunscreen, moisturizer atau yang lainnya.

Penggunaan skincare haruslah tepat, karena jika tidak sesuai dengan urutannya akan mengurangi efektivitas dari produk skincare yang digunakan.

Basic skincare meliputi dari membersihkan, melembabkan, dan penggunaan sunscreen untuk perlindungan kulit dari sinar UV. Untuk seorang pemula , tentunya basic skincare sangat diperlukan sebelum kamu mencoba produk selanjutnya. Tujuannya dari basic sincare itu sendiri agar kulit kamu merasa terbiasa dari produk-produk yang belum pernah dirasakan kulitmu, terutama jika kulit kamu sensitive.

Berikut adalah urutan basic skincare yang wajib pemula coba

  • Facial Wash (Pembersih Wajah)

Urutan pertama untuk basic skincare pada pagi hari dimulai dengan facial wash. Dan penggunaan facial wash bukan hanya untuk dipagi hari saja, tetapi juga setelah beraktivitas diluar kamu harus membersihkan wajah menggunakan facial wash. Di pagi hari, penggunaan facial wash bertujuan untuk menghapus sisa skincare atau makeup pada malam hari. Dan tentunya jika menggunakan facial wash pada pagi hari, produk skincare selanjutnya akan lebih bekerja secara efektif.

  • Toner

Setelah memastikan wajah bersih dengan menggunakan facial wash, selanjutnya kamu bisa menggunakan toner. Pastikan wajah kamu kering sebelum menggunakan toner, karena toner berfungsi mengembalikan pH kulit kamu menjadi normal lebih meresap dan pondasi utama sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya jadi lebih meresap. Penggunaan toner harus sesuai tipe jenis kulit. Jika kulit kamu berminyak dan berjerawat, kamu bisa menggunakan toner yang mengandung salicylic acid, BHA (Beta Hydroxy Acid), tea tree oil, dan niacinamide. Tetapi kandungan tersebut juga dapat membantu untuk mencerahkan wajah. Dan untuk kamu yang kulit kering kamu bisa mencoba toner yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid)

  • Serum

Jika sudah menggunakan toner, rangkaian produk skincare yang digunakan selanjutnya adalah serum. Manfaat dari serum adalah untuk melembabkan kulit dan memudahkan produk skincare lainnya meresap ke kulit. Sama seperti toner, serum digunakan sesuai dengan tipe jenis kulit kalian. Ada serum yang dikhususkan untuk mencerahkan wajah, untuk kulit sensitive dan berjerawat, dan ada yang untuk mengembalikan skin barrier kamu yang rusak.

  • Moisturizer atau Pelembab

Setelah menggunakan serum yang tepat, selanjutnya kamu bisa menggunakan moisturizer untuk melembabkan wajah kamu. Untuk tipe jenis kulit kering dan sensitive kamu wajib untuk menggunakan moisturizer karena bisa menenangkan wajah, dan gunakan yang bertekstur krim.

  • Sunscreen

Untuk tahapan akhir dari skincare basic adalah penggunaan sunscreen. Sunscreen sangat wajib digunakan pada akhir tahapan skincare karena berfungsi untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV matahari. Gunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal SPF 30 jika kamu beraktifitas di luar ruangan. Tunggu 15 hingga 30 menit sampai sunscreen yang kamu gunakan meresap sempurna.

Penggunaan skincare pada malam hari untuk pemula

  • Micellar Water
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline