Lihat ke Halaman Asli

Putri Nur Izzati

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Wujudkan Gerakan Hidup Bersih-Sehat Pada Anak, Mahasiswa KKN Tematik UPI Adakan Edukasi PHBS

Diperbarui: 29 Agustus 2023   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penayangan PPT dan Penyampaian Materi. Foto: Dokumen Pribadi KKN Tematik UPI Desa Bode Lor

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI SDG'S Kelompok Desa Bode Lor, Cirebon berkolaborasi dengan Lembaga Pendidikan SD Negeri 1 Bode Lor melaksanakan kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 11 Agustus 2023 dengan sasaran kegiatan ditujukan untuk siswa kelas 2. Sosialisasi PHBS di tingkat sekolah dasar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman para siswa mengenai pentingnya hidup bersih dan sehat serta mengajak para siswa untuk membiasakan melakukan perilaku pola hidup sehat sejak dini di lingkungan rumah dan sekolah. 

Tampilan PPT Materi PHBS. Foto : Dokumen Pribadi KKN Tematik UPI Desa Bode Lor

Sosialisasi ini diawali dengan penyampaian materi mengenai PHBS dan contoh penerapan yang dapat dilakukan sejak dini dengan topik materi yaitu pembiasaan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, pembiasaan minum air putih dan makan makanan yang sehat dan higenis serta pembiasaan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dalam pelaksanaan sosialisasi ini, siswa-siswi kelas 2 SD Negeri 1 Bode Lor sangat antusias dalam memperhatikan penyampaian materi yang disertai dengan video animasi dan mempraktikkan gerakan langkah-langkah cuci tangan diiringi lagu anak-anak.

Praktek Gerakan Langkah-langakah Cuci Tangan. Foto: Dokumen Pribadi KKN Tematik UPI Desa Bode Lor

Kegiatan ini juga mendapatkan respon dengan baik dari dewan guru.  Perwakilan guru mengungkapkan bahwa “Kami dari pihak sekolah sangat berterima kasih atas waktu yang kegiatan edukasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Kelompok Desa Bode Lor kepada siswa-siswi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri, kami berharap dengan adanya edukasi ini semoga siswa-siswa menerapkan beberapa hal yang telah disampaikan oleh kakak-kakak mahasiswa". ujar Ibu Turini, S,Pd.

Tak hanya itu, KKN Tematik UPI Kelompok Desa Bode Lor juga memberikan fasilitas edukasi berupa poster langkah-langkah cuci tangan yang ditempel di setiap tempat cuci tangan. Tujuannya sebagai pengingat bagi siswa-siswi untuk tetap rajin mencuci tangan serta menjaga Kesehatan dan kebersihan di lingkungan sekolah.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami berharap pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki para siswa mengenai PHBS dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya hal tersebut menjadi kebiasaan yang melekat pada diri masing-masing individu. Sehingga dapat meningkatkan anak-anak yang bersih dan sehat di Indonesia dan menjadikannya generasi hebat.e

Penulis : Putri Nur Izzati - Mahasiswa KKN Tematik UPI Kelompok Desa Bode Lor Cirebon.     DPL : Yulia Puspita, M.Pd.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline