Lihat ke Halaman Asli

Putri Nurlita

Sastra Indonesia

Pentingnya Mempelajari Sastra dalam Kehidupan

Diperbarui: 16 Juli 2021   17:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu sastra?

Sastra merupakan luapan emosi manusia yang diungkapkan melalui tulisan maupun lisan. Setiap karya sastra mempunyai keunikan tersendiri dan tidak jarang turut menggambarkan isi hati si pengarang.

Sekarang sastra sering di pandang sebelah mata dan sama sekali tidak di anggap penting. Bahkan sastra sering di remehkan kemampuannya untuk bertahan dalam ujian waktu dan memberi kita pengetahuan yang hebat.

Semua itu terjadi karena adanya stigma dalam masyarakat yang berangapan orang yang lebih condong ke arah sains dan matematika akan lebih sukses dalam kehidupan, dan orang yang lebih bergairah terhadap sastra dan bentuk seni lainnya akan ditakdirkan untuk hidup dengan pekerjaan bergaji rendah dan karir yang tidak memuaskan. Hal itu lah yang akhirnya membuat sastra di pandang sebelah mata. Padahal sebenarnya sastra sangat berguna dan terikat dalam kehidupan.

Berikut beberapa manfaat sastra dan mengapa sastra itu penting ?

1. Sastra sebagai hiburan 

Dengan membaca karya sastra para membaca akan terhibur oleh kisah yang di di tampilakan pengarang.

2. Sastra memperluas cakrawala

Sastra akan memperluas pikiran kita. Dengan mempelajari sastra kita mulai belajar, bertanya, dan membangun intuisi dan insting kita. Hal ini akan  membantu kita mewujudkan dunia yang luas, tidak hanya dalam lingkup itu itu saja.

3. Sastra menumbuhkan keterampilan menulis

Dengan sering membaca karya sastra nantinya kita akan terbiasa menulis dan perlahan akan memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline