Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa (Perguruan Tinggi)

Diperbarui: 3 Desember 2020   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berdasarkan ikrar ketiga pada Sumpah Pemuda tahun 1928 yang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia". Dari ikrar tersebut dapat diartikan bahwa bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa Nasional yang kedudukannya berada diatas bahasa-bahasa daerah lainnya. 

Bahasa Indonesia sendiri sangat luas digunakan oleh semua golongan, terutama pada perguruan tinggi, media massa, hingga berbagai forum publik lainnya. Maka dapat dikatakan bahwa bahasa Indonesia sudah digunakan oleh semua warga di Indonesia. Lantas seberapa pentingkah bahasa Indonesia dalam perguruan tinggi ataupun pada mahasiswa itu? 

Bahasa Indonesia memang sangat penting sekali, karena dengan kita paham dan bisa berbahasa Indonesia pasti kita mudah untuk berkomunikasi secara lebih efektif. Kemudian dari bahasa Indonesia sendiri yaitu sebagai panduan kita untuk menyusun serta menggunakan tata bahasa dengan baik dan benar dalam berkomunikasi seperti pada saat melakukan skripsi, tesis, dan lain sebagainya.

Dari peraturan yang sudah ditetapkan berdasarkan kurikulum memang mewajibkan matakuliah bahasa Indonesia ini untuk ditempuh oleh semua para mahasiswa. Dan dari manfaatnya bisa dikatakan bahwa hal tersebut agar membantu kita untuk mendukung perkembangan pada kepribadian setiap mahasiswa yang jujur, lebih terbuka, serta dapat lebih menghargai karya maupun pemikiran orang lain. 

Hal yang penting selain itu bisa kita dapatkan dari mempelajari, memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan tata bahasa dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Oleh karena itu sebagai mahasiswa seharusnya kita menumbuhkan karakter dengan cara mendorong mahasiswa yang lain untuk memiliki rasa bangga terhadap bahasa indonesia, mengembangkan dan melestarikan bahasa Indonesia, memperdalam ilmu Bahasa, menjadikan alat komunikasi antar mahasiswa ataupun dengan yang lainnya dengan maksimal, dan menjaga norma-norma di Indonesia, menjaga tutur kata dan bahasa yang sopan kepada dosen maupun orang lain.

Nama : Putri Dwi Nurfatus Sholikhah 

NIM    : 2330019076

Prodi  : S1 Gizi 

Universitas: Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline