Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM Gelombang 11 Kelompok 30 Membantu Kegiatan Pembelajaran di Madsarah Desa Sepuh Gembol

Diperbarui: 5 September 2021   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto ikut membantu kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD). 

Salah satu tujuan dalam pengabdian masyarakat ini di musim wabah pandemi Covid-19 adalah ikut meringankan beban peserta didik dalam memahami materi di sekolah yang dilakukan secara online.

Kegiatan belajar online yang telah berjalan selama setahun lebih menyebabkan siswa cenderung merasa jenuh dalam belajar. Serta banyak siswa yang mudah teralihkan atau tidak focus pada proses pembelajaran yang kemudian berdampak pada penilaian akademik.

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapang, Ibu Dian Ika Kusumaningtyas M.Pd berharap kepada para mahasiswanya yang sedang melakukan pengabdian masyarakat bisa berbuat sebaik mungkin dalam membantu meringankan beban peserta didik di musim pandemi Covid - 19. 

Orang tua dari peserta didik yang ikut dalam pembelajaran offline ini sangat berterima kasih karena telah membantu anak-anaknya dalam menghadapi kesulitan materi saat pembelajaran via online. 

Hal ini dikarenakan wilayah pengabdian kami masih rendah dalam penggunaan internet sehingga sekolah membuat kebijakan bahwa tugas diambil dari sekolah kemudian dikumpulkan lagi ke sekolah. Hal ini tentu nya kurang efektif untuk siswa dalam menerima materi pembelajaran.

Pada saat pembelajaran offline, peserta didik mempelajari tentang materi matematika serta belajar membaca. Terlihat siswa sangat antusias dalam menerima maupun menjawab pertanyaan dari kami maupun ibu guru.

Kegiatan pembelajaran offline ini hanya berlangsung selama beberapa hari dan bergantian antar kelasnya. Serta tak lupa menerapkan prokes kesehatan serta social distancing.

Dokpri

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline