Lihat ke Halaman Asli

Kriteria Guru TK Idaman

Diperbarui: 2 April 2018   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: anggunpaud.kemdikbud.go.id

Sebuah cerita dari pengalaman yang baru saja saya dapatkan disekolah TK yang cukup terkenal di kota Malang. Sekolah ini termasuk sekolah yang banyak di minati oleh para orang tua. Mengapa demikian? Salah satu faktornya adalah guru yang mengajar disekolah tersebut. Bagus tidaknya suatu lembaga itu tergantung dari pengelola sekolah itu sendiri. Tapi jika hanya pengelola yang berperan tanpa adanya bantuan dari pihak yang bersangkutan terutama seorang guru, maka sekolah itu tidak akan berjalan dengan baik.

Waktu itu saya dan teman-teman berkesmpatan untuk berkunjung disekolah tersebut, untuk mengadakan suatu observasi di masing-masing kelas yang telah ditentukan. Dalam satu kelas terdapat 6 orang mahasiswi yang akan mengamati bagaimana cara guru-guru mengajar. Mulai dari pembukaan, inti, sampai dengan penutup.

Sekolah ini menggunakan model pembelajaran SENTRA, dimana terdapat banyak kelas untuk setiap masing-masing sentra. Kami mengamati guru kelas yang sedang mengajar. Banyak point-point penting yang kami dapatkan dari hasil observasi, salah satunya metode yang diajarkan oleh guru tersebut.

Ketika sampai dikelas, kami meriview ulang apa saja kekurangan dan kelebihan dari seorang guru yang mengajar dan sekaligus itu menjadi sebuah angan-angan jika suatu saat nanti kami mengajar kami akan berusahan menjadi seperti mereka dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

Banyak model yang kami dapat kan dari guru TK tersebut. Mulai dari guru yang ramah, ceria, semangat, dekat dengan anak, maupun seorang guru yang jarang tersenyum tapi juga tegas. Pandangan saya bahwasannya seorang guru TK itu tidak boleh memperlakukan anak atau mengajar anak sama halnya seperti mengajar anak SD dan sebagainya. Karena, pada hakikatnya pembelajaran disuatu sekolah itu harus menyenangkan seorang anak dan juga harus berperan aktive dalam proses belajar dan mengajar. Itu semua didapatkan tergantung oleh seorang guru yang mengajar anak-anak di dalam kelas.

Setelah kami diskusi didalam kelas, apa saja sih kelemahan dan kelebihan dari suatu pembelajaran tersebut dilihat dari segi guru yang mengajar di kelas. Ternyata kami menemukan sedikit kesalahan dari para guru tersebut, sekitar 30% kekurangan dan 70% sudah bagus. Hal yang bagus ini dapat menjadi acuan bagi saya dan juga teman-teman kedepannya. Contohnya saja kelebihan dari para guru tersebut secara keseluruhan yaitu :

Ramah

Guru TK wajib untuk bersikap ramah, agar anak bisa merasa nyaman.

Tersenyum

Guru Tk wajib untuk selalu tersenyum apapun keadaannya, meskipun ada banyak masalah, jangan sampai hal tersebut membuat anak merasa tidak nyaman, karena sang guru tidak tersenyum ketika proses pembelajaran. Karena, pada dasarnya anak itu berhak mendapatkan senyuman dari sang guru.

Semangat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline