Lihat ke Halaman Asli

Cara Meningkatkan Stamina kita dalam Berlari

Diperbarui: 14 Februari 2023   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Berlari menjadi salah atu aktivitas yang digemari banyak orang. Berlari memberikan banyak sekali manfaat, bukan hanya untuk anak remaja namun juga untuk orang tua bahkan lansia. 

Selain meningkatkan kekebalan tubuh berlari juga memberikan dampak baik dari segi jiwa dan tentunya raga. Namun dari banyaknya manfaat ini banyak sekali orang yang tidak bisa memanfaatkan lari secara maximal karena kurangnya stamina, daya tahan atau endurance mereka. 

Banyak sekali orang yang kurang mampu untuk berlari cukup lama dan mereka tidak bisa mendapatkan manfaat dari berlari. Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan stamina berlari kita, beberapa diantaranya adalah:

1. Makan yang teratur

Salah satu cara untuk meningkatkan stamina berlari adalah membenarkan pola makan kita. Makanan yang sehat dapat memberikan kita kekuatan dan juga dapat memberikan stamina ketika kita berlari. Namun kita juga perlu pahami tubuh kita, jika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal kita tidak boleh makan 3 jam sebelum berlari. Hal ini dapat memberikan rasa sakit pada perut yaitu suduken atau side Stitch yang tentunya dapat menganggu aktivitas berlari kita.

2. Minum sebelum berlari

Sebelumberlari kita hendaknya meminum air 200ml-300ml hal ini karena ketika berlari kita membutuhkan banyak sekali mineral agar tetap terjaga. Minum air sebelum berlari juga berguna agar tubuh tetap terhidrasi sehingga suhu tubuh kita tetap optimal.

3. Jaga Postur tubuh

Banyak sekali opsi bentuk tubuh dan arah tubuh ketika berlari. Namun sebenarnya postur tubuh yang benar adalah tegak dan arah pandangan ke depan. Hal ini dapat memberikan keseimbangan dalam tubuh kita dan melatih postur tubuh ketika berlari tentunya dapat membantu kita dalam menjaga stamina kita.

4. Lari easy run

Berlari secara pelan namun lama dapat menjadi salah satu opsi untuk meningkatkan kualitas stamina kita. Ketika kita berlari lama tubuh akan terbiasa untuk melakukanya dan ketika tubuh sudah terbiasa ini tentunya sangat membantu kita untuk menambah waktu berlari kita. Untuk mendapatkan fungsi easy run yang baik kita tentunya bukan hanya lari pelan namun lari yang jauh ataupun lama. Ada aturan untuk menambah jarak dalam berlari yaitu penambahan secara 10% secara teratur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline