Lihat ke Halaman Asli

Putra Nakal

Cuma seorang freelancer

Cara Merancang Rumah Anda Sendiri

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Jika Anda memutuskan untuk merancang rumah Anda sendiri, berikut beberapa tips yang saya tulis untuk menjadi bahan inspirasi Anda kedepan. Ada 5 langkah yang bisa Anda coba untuk dapat mewujudkan rumah idaman Anda. Okay, let's do it guys:

1. Cari Inspirasi

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah mencari inspirasi atau ide. Bagian ini penting sekali mengingat Anda perlu mendefinisikan terlebih dahulu seperti apa visualiasasi rumah impian Anda. Salah satu cara termudah agar Anda dapat dengan mudah mendapatkan inspirasi akan model rumah impian adalah dengan cara mengunjungi kawasan atau kompleks favorit disekitar tempat Anda saat ini. Cara termudah lainnya adalah mengunjungi website para developer perumahan atau website para home designer.

2. Mengunjungi Rumah yang Dijual

Hampir setiap hari banyak sekali rumah yang dijual di media baik cetak maupun online. Carilah dan kunjungi rumah yang dijual di lingkungan Anda. Yang perlu Anda ingat bahwa masing-masing rumah memiliki fitur yang berbeda-beda. Nah, cari inspirasi disini. Buatlah catatan dari masing-masing fitur yang ada dalam rumah tersebut. Mana yang Anda sukai dan mana yang tidak Anda sukai.

3. Foto

Siapkan kamera dan ambil beberapa foto dari tiap sudut bangunan yang Anda suka. Baik yang di dalam dan di luar ruangan. Anda pasti akan menemukan detail yang menarik dari foto-foto yang sudah Anda ambil. Ketika Anda sudah koleksi foto rumah Anda sudah cukup banyak, pada saat senggang sempatkan melihat-lihat hasil jepretan kamera Anda.

4. Organisir

Setelah dirasa Anda cukup mendapatkan ide atau inspirasi, ambilah secarik kertas dan tulis Wish List rumah impian Anda. Mungkin beberapa point berikut bisa Anda masukan dalam Wish List Anda:


  1. Apakah Anda lebih suka hidup di lingkungan perkotaan atau pedesaan?
  2. Apakah Anda ingin rumah yang luas dengan ruang untuk anak-anak bermain atau rumah sederhana yang nyaman?
  3. Apakah Anda suka dengan design rumah yang modern atau justru klasik?


5. Konsultasikan dengan Profesional
Dari sekian proses yang sudah Anda lakukan, terakhir cobalah berkonsultasi dengan profesional. Merancang rumah idaman adalah sebuah proyek yang tidak mudah apalagi jika ini adalah pengalaman Anda pertama kali. Persiapkan semuanya dengan matang agar rumah impian Anda terwujud. Cara terbaik dan cukup irit adalah dengan berkonsultasi dengan Mahasiswa design. Tapi tentunya jangan asal mahasiswa design. Pastikan dia cukup kreatif atau cakap secara akademik. Selain murah, hal ini tentunya akan menjadi pengalaman berharga buat si Mahasiswa.

Okay guys, Anda sudah membuat konsep dan pastikan mimpi Anda segera terwujud. Info selengkapnya silahkan hubungi jasa bangun rumah surabaya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline