Lihat ke Halaman Asli

KKN UPGRIS KELOMPOK 32 Berikan Pengenalan Filter Instagram Untuk Belajar Membaca Di TK AL-Hidayah 7

Diperbarui: 26 Februari 2024   08:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram: https://www.instagram.com/kknupgrisss_palebon.32/

Tim KKN UPGRIS Kelompok 32 Kelurahan Palebon Kota Semarang melakukan kegiatan pengenalan ice breaking di TK Al-Hidayah 7. Tujuannya adalah memberikan informasi kepada guru dan peserta didik bahwa kegiatan ini dapat menghilangkan rasa jenuh, mengantuk, dan mengembalikan konsentrasi serta mood peserta didik agar bisa fokus kembali pada kegiatan. Contoh kegiatan ice breaking yang dilakukan adalah bermain tebak-tebakan dan bernyanyi.

Instagram: https://www.instagram.com/kknupgrisss_palebon.32/

Selain itu, dalam rangka tema KKN UPGRIS Tahun 2024 tentang "literasi digital", tim KKN UPGRIS kelompok 32 juga membuat fitur teknologi masa kini melalui filter Instagram. Anak-anak diajak untuk belajar sambil bermain dengan mengidentifikasi gambar dan kata-kata yang benar atau salah. Mereka diminta untuk menggelengkan kepala ke kanan atau ke kiri sesuai dengan jawaban yang tepat. Terdapat sepuluh macam gambar dan kata yang harus mereka tebak. Tujuan pengenalan membaca melalui filter Instagram untuk anak adalah mengajak mereka untuk belajar membaca secara menyenangkan dan interaktif, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan literasi mereka sambil menikmati pengalaman bermain dengan teknologi yang terkini.

Instagram: https://www.instagram.com/kknupgrisss_palebon.32/

Instagram: https://www.instagram.com/kknupgrisss_palebon.32/

Dengan adanya kegiatan ice breaking dan pengenalan filter Instagram membaca sesuai dengan tema "Pemberdayaan masyarakat melalui literasi digital menuju kebangkitan ekonomi", diharapkan masyarakat, guru, terutama anak-anak, dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya literasi digital dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui aktivitas yang menyenangkan dan interaktif seperti ini, diharapkan mereka dapat mengembangkan keterampilan literasi digital yang esensial untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Dengan demikian, diharapkan akan terjadi peningkatan kemampuan individu dan, secara lebih luas, kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi secara efektif dan berdaya saing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline