Lihat ke Halaman Asli

Putra Tama

Pekerja digital

Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba | Peluang Bisnis Kemasan di Indonesia

Diperbarui: 3 Maret 2023   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

masa pasca pandemi telah membuat bisnis komoditas menjadi meningkat. Seiring dengan pertumbuhan penjualan mulai dari bisnis umkm hingga perusahaan besar, sudah pasti permintaan akan kemasan juga ikut meningkat. Para pelaku usaha mesti memanfaatkan peluang besar ini.

Salah satu bidang bisnis yang dapat kamu manfaatkan adalah bisnis pengemasan. dan saya akan menjawab pertanyaan kenapa harus bisnis kemasan?


Menurut data yang diperoleh, bisnis kemasan merupakan bisnis dengan valuasi yang cukup meningkat belakangan ini terutama karena berkembangnya bisnis UMKM seperti makan dan minuman yang memerlukan suatu identitas barang dagagnya. selain untuk UMKM, bisnis kemasan ini juga bisa berkembang di banyak lini bahkan untuk skala besar.

Perkembangan Bisnis Kemasan

Menurut data terakhir dari Indonesia Packaging Federation, pada tahun 2020 kebutuhan akan kemasan atau packaging meningkat 6% dari nilai realisasi tahun lalu sebesar Rp98,8 triliun. Fakta tersebut telah membuktikan betapa berkembangnya industri pengemasan terutama di Indonesia sendiri. (Sumber bisa dilihat di bawah)

Ide Bisnis Untuk Bisnis Kemasan

Saya punya beberapa rekomendasi untuk kamu yang ingin terjun ke dalam bisnis pengemasan yang bisa di coba dan saya akan buat rekomendasi bisnis besar dari skala kecil hingga skala yang cukup besar. 

Designer Packaging

Ide ini mungkin terdengar cukup umum, namun kalau diperhatikan bisnis ini juga dapat menjadi peluang yang cukup menggiurkan untuk kamu coba. Beberepa penawaran yang bisa kamu lakukan adalah seperti membuat design bentuk kemasan, mock up & layouting design, atau bahkan logo produk

Bisnis Cetak kemasan

Untuk Bisnis cetak kemasan ini, kamu bisa lebih banyak mengeksplorasi model bisnis sesuai dengan budget yang kamu miliki. untuk bisnis kelas UMKM kamu bisa membuka usaha cetak kemasan kecil-kecilan seperti percetakan cup minuman kekinian. yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan alat cetak cup sederhana

selain bisnis cetak cup, kamu juga bisa membuat bisnis cetak packaging untuk kertas seperti yang sering kamu jumpai pada toko oleh-oleh di tempat wisata.

Bisnis Cetak Kemasan Fleksibel

Saya memisahkan bisnis ini khusus karena pangsa bisnis memang cukup besar dan dapat dilakukan di beberapa skala bisnis, baik itu usaha kelas menengah atau UMKM maupun industri besar. bisnis kemasan ini juga memegang penggunaan kemasan tertinggi di Indonesia yakni sekitar 44% dari total keseluruhan kebutuhan kemasan di Indonesia.

kamu bisa memulai bisnis pengemasan fleksibel dengan menyediakan jasa printing kemasan, dan skalanya juga dapat kamu sesuaikan sesuai dengan budget dan target bisnis kamu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline