Lihat ke Halaman Asli

Putri Oktaviani

Mahasiswa Psikologi

Ulang Tahun Ke-7 Nyalanesia: Perjalanan dan Dampaknya Bagi Indonesia

Diperbarui: 28 Mei 2023   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

nyalanesia.id

Nyalanesia merupakan salah satu program pengembangan literasi nasional yang bertujuan untuk menciptakan eksosistem literasi dan pendidikan yang berkemajuan. Di usianya yang genap 7 tahun, Nyalanesia mengajak kita untuk menelisik kembali perjalanan mereka serta dampak yang berhasil diciptakan lewat puluhan program literasi terintegrasi yang mereka hadirkan di negeri ini.

Berdasarkan riset yang telah dilakukan penulis, diketahui bahwa platform ini menggunakan istilah Para Penyala untuk mendeskripsikan para pegiat literasi seperti guru, siswa, dan para akademisi yang turut serta dalam melakukan gerakan literasi nasional. Gerakan literasi yang mereka hadirkan berupa program-program inovatif seperti Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional), Pengembangan dan Pembinaan Literasi Sekolah (BANPELIS), Pengembangan dan Pembinaan Literasi Sekolah (BANPELIP), Akademisi Menulis Buku (AMB) dan masih banyak lagi.

Dampak positif yang berhasil mereka berikan untuk Indonesia terlihat dari berbagai pencapaian yang berhasil mereka peroleh. Selama #7TahunBerdampak di bidang literasi dan pendidikan, Nyalanesia berhasil meraih penghargaan sebagai 20 TOP ASEAN Socialpreneur yang mewakili Indonesia di kancah internasional. Platform ini juga menyabet gelar Winner Hyundai Startup Challenge kategori social interprise bidang pendidikan. Tak tanggung-tanggung, kontribusi yang telah mereka beri untuk negeri dengan menjalankan 14 program literasi dan pendidikan di 35 provinsi berhasil menjadikan mereka sebagai Pemegang 5 Rekor MURI aktif bidang literasi dan pendidkan Indonesia dengan lebih dari 2.500 instansi pemerintah, sekolah, hingga komunitas yang terjalin sebagai mitra.

Sejumlah kepala sekolah, guru, siswa, dosen, dan para pemangku kependidikan lainnya, menilai platform digital Nyalanesia berhasil mengoptimalkan kegiatan literasi sehingga lebih tepat guna, masif, dan berkelanjutan bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Sebagaimana grafik berikut menunjukkan tingkat kepuasan peserta dari program yang diikuti.

https://nyalanesia.id/

Salah satu program unggulan mereka adalah Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional), merupakan sebuah program pengembangan literasi sekolah terpadu yang memfasilitasi siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk berkarya menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

"Keikutsertaan sekolah-sekolah di Jawa Tengah dalam program GSMB Nasional cukup tinggi. Salah satunya adalah sekolah saya. Di mana peserta didik juga menulis buku dan saya pun di akhir masa jawaban juga berhasil menerbitkan buku melalui program GSMB Nasional" ujar Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah

Dengan terfokus pada bidang publikasi, edukasi, sertifikasi, kolaborasi, akselerasi dan ekonomi di Indonesia ditambah dengan pesatnya perkembangan digitalisasi saat ini, kedepannya, Nyalanesia bertekad untuk terus mewujudkan mimpinya dalam menghadirkan ekosistem literasi berbasis teknologi lewat program-program berkualitas bagi 100 juta akademisi Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline