Lihat ke Halaman Asli

Puteri Nur Diana

Mahasiswa S1 Progam Studi Psikologi

Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Gelar Pelatihan "Regulasi Diri Dalam Belajar (Manajemen Waktu) Pada Siswa/i Kelas VIII" di SMP UNTAG Surabaya

Diperbarui: 31 Desember 2024   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Siswa/i SMP UNTAG Surabaya

SURABAYA - Mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya baru-baru ini mengadakan program pelatihan tentang regulasi diri dalam belajar (manajemen waktu) untuk siswa/i kelas VIII di SMP UNTAG Surabaya. Pelatihan yang bertajuk "Pelatihan Regulasi Diri dalam Belajar (Manajemen Waktu) pada Siswa Kelas VIII" ini bertujuan membantu siswa mengembangkan keterampilan manajemen waktu yang lebih baik untuk menunjang keberhasilan akademik mereka.

Sesi pelatihan yang dipimpin oleh mahasiswa psikologi semester 5 ini dirancang dalam empat segmen utama yang mencakup aspek-aspek penting manajemen waktu. Pada sesi pembukaan, peserta diperkenalkan dengan tujuan program dan menyelesaikan pre-test untuk menilai pemahaman awal mereka tentang konsep manajemen waktu.

Pre-Test

Sesi inti berfokus pada pendidikan manajemen waktu secara komprehensif, di mana siswa mempelajari konsep-konsep mendasar termasuk pengertian dan pentingnya manajemen waktu, aspek psikologisnya, serta teknik penerapannya. Pelatihan ini juga membahas hambatan-hambatan umum dalam manajemen waktu dan ciri-ciri individu yang memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik.

Dokumentasi

"Pelatihan ini dirancang untuk membantu siswa memahami tidak hanya aspek teoritis manajemen waktu, tetapi juga penerapan praktisnya dalam kehidupan akademik sehari-hari," jelas salah satu mahasiswa psikologi yang menjadi fasilitator.

Untuk menjaga keterlibatan dan tingkat energi peserta, pelatihan ini memasukkan unsur-unsur interaktif termasuk kegiatan ice-breaking. Kegiatan ini secara khusus dirancang untuk mengurangi ketegangan dan meningkatkan semangat peserta selama sesi berlangsung.

Ice Breaking

Program ditutup dengan sesi refleksi di mana siswa mengulas materi yang telah disampaikan dan menyelesaikan post-test untuk mengevaluasi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang telah dipresentasikan. Sesi diskusi sepanjang pelatihan memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dan berbagi pandangan mereka tentang tantangan dan solusi manajemen waktu.

Foto Bersama

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline