Lihat ke Halaman Asli

Hana Rahmah Gunawan

Mahasiswa Pendidikan Sosiologi

Rendahnya Kesadaran Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Merupakan Cerminan Pendidikan Saat Ini

Diperbarui: 5 Juli 2021   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 sudah berjalan selama satu tahun lamanya. Banyak perubahan yang terjadi khususnya dalam aspek  kehidupan bermasyarakat. Pemerintah mengupayakan berbagai cara agar penyebaran Covid-19 ini dapat tertangani. Dari mulai PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), Work From Home, PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) sampai yang terbaru yaitu PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di daerah Jawa dan Bali. 

Pemerintah pun menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan, Tentu saja tidak hanya pemerintah yang turut aktif mengupayakan agar penyebaran Covid-19 ini dapat tertangani. Peran masyarakat pun sangat besar agar penularan Covid-19 ini tidak meluas dan memakan lebih banyak orang yang terjangkit.

Peran dan kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam kondisi ini. Namun, tentu tidaklah mudah membangun kesadaran di tengah-tengah masyarakat. Kesadaran yang hadir merupakan hasil transmisi nilai-nilai yang ada di masyarakat dan kemudian di internalisasi pada kehidupan sehari-hari. 

Seperti yang kita ketahui melalui portal-portal berita online maupun siaran di televisi, bahwa kesadaran masyarakat untuk menaati protokol kesehatan sangatlah rendah. Padahal dengan mengikuti protokol kesehatan ini, merupakan bentuk konkrit partisipasi masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. 

Menurut data yang diunggah oleh Detik.com, sebuah survei yang dilakukan AC Nielsen bekerja sama dengan UNICEF kepada 2.000 responden di 6 kota besar mencoba untuk menggali sikap masyarakat terkait praktik pencegahan Covid-19. Dari survei tersebut ditemukan perilaku masyarakat terkait 3M secara riil di lapangan menunjukan 31,5% dari responden melakukan seluruh perilaku 3M secara disiplin. Selain itu ditemukan juga 36% dari total responden hanya melakukan dua dari perilaku 3M dan 23,2% melakukan 1 dari perilaku 3M. Sementara itu, 9,3% dari responden tidak melakukan kepatuhan 3M sama sekali.

Dilansir dari Kompas.com, mengutip pernyataan dari Juru Bicara Satgas Penaganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyatakan bahwa angka kepatuhan masyarakat menggunakan masker adalah 59,32% dan menjaga jarak sebesar 43,46%. Padahal untuk menurunkan tingkat penularan dibutuhkan dari 75% kepatuhan penduduk. 

Bahkan, dari 512 kabupaten/kota,hanya kurang dari sembilan kabupaten/kota yang patuh menjalankan protokol kesehatan. Agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan, dibutuhkan interaksi dan kesadaran oleh kelompok sosial masyarakat. Interaksi kelompok sosial membutuhkan proses solidaritas sosial demi tercapainya tujuan bersama dan terjaganya eksistensi kelompok (Sa'diyah, 2016). Kesadaran kolektif sebagai anggota kelompok dibutuhkan untuk menumbuhkan perasaan atau sentimen kebersamaan dalam menciptakan solidaritas kelompok (Probosiwi & Putri, 2021: 180).

Perilaku rendahnya kesadaran masyarakat ini tidak terlepas dari peran pendidikan kita. Pendidikan kita yang diatur dalam kurikulum lebih menekankan pada kualitas dan keberhasilan diri sendiri. 

Edukasi yang diberikan hanya sekedar memberikan solusi bagi individu namun tidak bagi masyarakat secara keseluruhan. Sesungguhnya kurikulum yang disusun dalam suatu pendidikan merupakan arena reproduksi sosial yang nantinya akan melahirkan ketimpangan sosial. Apple sangat fokus menjelaskan terjadinya berbagai reproduksi baik ekonomi, politik, maupun kultural. Bagi Apple sekolah hanya melahirkan berbagai ketimpangan, ekonomi, politik, dan kultural (Hidayat, 2011:156). 

Reproduksi ini tentu tidak lepas dari peranan kelompok dominan yang ingin melanggengkan budaya yang dimiliki oleh kelompok dominan tersebut. Menurut apple, sekolah tidak hanya mengontrol seseorang dalam berperilaku, tetapi juga sekolah mengontrol makna dari produksi pengetahuan yang tertuang dalam kurikulum (Hidayat, 2011: 149)

Budaya atau idelogi yang hadir disekolah akan menentukan output seorang peserta didik. Budaya sekolah merupakan basis interaksi antara semua anggota masyarakat sekolah yang meliputi (Rahmat, 2015:90),

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline