Lihat ke Halaman Asli

Puspita Hasri

Mahasiswa Universitas Teknologi Digital

Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sanbe Farma Cimareme

Diperbarui: 9 Mei 2024   05:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemerintah Indonesia telah memberikan wewenang kepada Sanbe Farma dan perusahaan lainnya untuk produksi produk medis. Oleh karena itu, PT. Sanbe Farma perlu memantau dan mengevaluasi penggunaan obat di negara manapun yang ada. 

Sanbe Farma juga selalu membuka inovasi – inovasi baru yang akan memberikan sumber daya manusia menjadi kreatif dan terbuka dalam mengemukakan pendapat. Di dalam sektor komersial, sumber daya manusia memegang peranan penting. 

Oleh sebab itu, perusahaan akan berupaya meningkatkan jumlah hari kerja karyawan agar dapat berpartisipasi dalam inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan meningkatkan jumlah kerja karyawan agar dapat memenuhi tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. 

Menurut (Wilson, 2012), kinerja adalah hasil kerja seseorang yang diselesaikan sesuai dengan etika kerja yang dimiliki. Praktik kerja karyawan yang baik bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. 

Untuk itu, setiap karyawan dalam perusahaan memberikan kontribusi dalam peningkatan sistem bisnis, yaitu sistem manajemen personalia yang efektif. Sistem manajemen tenaga kerja adalah suatu proses untuk mengidentifikasi, menyesuaikan, dan menjalin jam kerja karyawan dalam suatu organisasi.

Perusahaan dan karyawan memiliki ikatan yang tidak dapat diputuskan karena mereka saling membutuhkan satu sama lain.  Perusahaan juga perlu mengembangkan manajemen yang efektif yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan kinerja karyawan. 

Terbentuknya motivasi yang kuat tidak hanya mengarah pada kualitas pekerjaan yang dilakukan, tetapi juga pada hasil dan kinerja yang baik. Menjaga kedisiplinan juga membantu karyawan memahami dan mematuhi kebijakan, prosedur, dan aturan yang berlaku di dalam perusahaan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperkuat disiplin kerja di dalam perusahaan agar karyawan mematuhi kebijakan bisnis yang ada. dengan demikian, kegiatan operasional bisnis dapat berjalan dengan tertib, transparan, dan cepat, serta tujuan perusahaan dapat tercapai. Disiplin kerja seseorang dapat ditentukan dari perilakunya selama jam kerja.

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

Secara umum, manajemen adalah proses pengorganisasian, transformasi, bimbingan, dan bahkan sebagai arah untuk sumber daya manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut lietratur, ada tiga definisi manajemen: manajemen sebagai cara, komunitas manusia, dan sebagai senior dan badan pengetahuan.

Kebijakan dan praktik yang berkaitan dengan manajemen yang berkaitan dengan elemen “manusia” seperti rekrutmen, seleksi, pelatihan, kompensansi, dan evaluasi, dikenal sebagai manajamen sumber daya manusia (Sedarmayanti, 2019).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline