Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Kader Posyandu Refresh Ilmu dengan Pelatihan Pengukuran Antropometri

Diperbarui: 12 Februari 2023   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Pengukuran Antropometri

Pakijangan, Brebes (10/02) -- Kegiatan pelatihan pengukuran antropometri dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2023 pada Sabtu (28/01/2023) siang yang berlokasi di Desa Pakijangan, Kabupaten Brebes.

Pengukuran antropometri merupakan salah satu pemeriksaan yang rutin dilakukan pada bayi dan balita untuk menilai status gizi bayi dan memprediksi risiko kesehatan jangka panjang. Antropometri juga digunakan dalam penentuan status gizi khususnya skrining stunting. Deteksi stunting pada bayi dan balita dilakukan dengan pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar lengan atas (LILA), dan lingkar kepala (LIKA). Antropometri merupakan indikator utama untuk menilai kesesuaian asupan gizi dan pertumbuhan bayi dan balita. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Fakultas Kedokteran Jurusan Gizi, Puspita Dian Pratiwi mengadakan pelatihan pengukuran antropometri sebagai kegiatan refresh ilmu pada kader posyandu. 

Pelatihan dilakukan bersamaan dengan kegiatan pertemuan rutin kader posyandu yang dihadiri oleh 2 bidan desa dan 20 kader posyandu yang merupakan perwakilan dari 7 posyandu. Pelatihan diawali dengan pemaparan materi terkait alat ukur gold standard yang digunakan untuk pengukuran berat badan, tinggi badan, LILA, dan LIKA. Kemudian dilanjutkan dengan menonton video langkah-langkah pengukuran antropometri yang baik dan benar. Mahasiswa KKN turut serta melakukan demonstrasi pengukuran antropometri terutama pengukuran tinggi badan dan LILA. Kader posyandu juga diberi kesempatan untuk mencoba melakukan pengukuran antropometri secara berkelompok. 

Pengukuran Tinggi Badan pada Balita

Para kader sangat aktif dan antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. Mereka merasa terbantu dan sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN UNDIP yang telah menyempatkan untuk mengisi materi dalam kegiatan pertemuan rutin kader. Dengan begitu, diharapkan kegiatan posyandu terutama pengukuran antropometri dapat berjalan lebih baik dan lebih akurat sehingga tidak terjadi kesalahan interpretasi dalam penilaian status gizi.

Dosen Pembimbing Lapangan: Fajar Arianto., S.Si, M.Si

Lokasi: Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes

KKN UNDIP Tim I 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline