Lihat ke Halaman Asli

7 Manfaat Biji Nangka yang Belum Kamu Ketahui

Diperbarui: 18 Juli 2018   14:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

batam.tribunnews.com

Buah nangka yang biasa kita ketahui dengan warna daging buah yang kuning ini dikenal memiliki rasa yang manis. Rasa manis ini yang biasanya disukai oleh orang yang mengkonsumsinya. Selama ini, kita hanya mengkonsumsi daging buahnya saja. Namun, ketika mengkonsumsi buah nangka sebaiknya bijinya jangan dibuang. Karena dari biji nangka tersebut memiliki segudang manfaat yang belum banyak orang ketahui.

Biji buah nangka ini kaya akan protein, serat, vitamin, antioksidan, kalsium, dan senyawa alami lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, 100 gram biji nangka mengandung 185 kalori, 38 gram karbohidrat, 7 gram protein, 1,5 gram serat, dan lemak yang sedikit. 

Memang untuk mengkonsumsi biji buah nangka ini tidak bisa dimakan secara langsung. Butuh sedikit proses agar bisa kita konsumsi. Salah satu caranya dengan direbus. Sangat mudah cara untuk merebus biji buah nangka. Cukup bersihkan biji buah nangka, kemudian rebuh hingga biji empuk.

Rasa biji buah nangka ini pun tidak jauh berbeda dengan rasa kacang. Rasa rebusan biji nangka ini juga hampir mirip dengan rasa ubi. Cocok sekali jika biji buah nangka ini menjadi teman untuk minum teh atau kopi, juga bisa menjadi kudapan sebelum jam makan.

Dikutip dari CNNIndonesia , 7 manfaat biji nangka untuk kesehatan:

1. Melawan Anemia

Biji buah nangka ini mengandung zat besi yang mampu mencegah mengatasi anemia serta gangguan kesehatan yang berhubungan dengan darah. Dengan mengkonsumsi biji satu sampai dua kali dalam seminggu dinilai dapat menambah asupan zat besi ke dalam tubuh.

2. Menguatkan Tulang

Di dalam biji nangka juga mengadung potasium. Potasium dikenal berfungsi untuk menguatkan tulang. Kandungan protein dalam biji buah nangka juga mampu membentuk otot.

3. Makanan Afordisiak

Mengkonsumsi biji buah nangka ternyata dapat merangsang kenikmatan seksual. Di Asia, biasanya biji buah nangka ini memang dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan seksual.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline