Konten menurut KBBI adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Dengan adanya perkembangan zaman yang begitu pesat dalam bidang teknologi informasi dan internet membuat konten digital marak diunggah ke media sosial. Media sosial meliputi Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan media sosial lainnya memiliki pengguna yang aktif berienteraksi dan meng-upload konten pribadinya. Di zaman yang kian modern ini, selain untuk konten pribadi, media sosial juga kerap dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menyampaikan informasi melalui sebuah konten yang dibuatnya untuk para pengikut.
Untuk mengakses dan mengunggah berbagai jenis konten ke media sosial, diperlukan jaringan internet yang cepat dan stabil, seperti Internet Provider dari IndiHome sebagai produk unggulan dari Telkom Indonesia. Pentingnya menggunakan jaringan Internet Provider yang cepat dan stabil sangat berpengaruh terhadap kinerja ataupun operasional yang tidak terbatas.
Sebagai manfaatnya hadirnya IndhiHome dengan koneksi yang cepat dan stabil serta tersedia hingga ke seluruh Indonesia membuat semua orang bisa mengakses internet dimanapun dan kapanpun, sehingga tugas maupun pekerjaan bisa dilakukan dimana saja atau Work From Anywhere (WFA) asalkan tempat tersebut berlangganan IndiHome.
Penggunaan media sosial sebagai media penyampaian informasi dan sarana untuk berinteraksi dengan pengikutnya semakin banyak diaplikasikan oleh seorang individu, public figure, maupun instansi atau sebuah perusahaan. Semakin menarik dan relate konten yang dibuat maka orang-orang atau para pengikutnya akan semakin tertarik untuk melihat dan mengikuti media sosial tersebut. Oleh sebab itu penting sekali memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil untuk rutin membuat dan mengunggah konten ke media sosial untuk tetap mempertahankan pengikut.
Ada banyak jenis konten yang bisa diunggah, seperti konten edukasi, hobi, hiburan, mengulas makanan dan minuman, tempat wisata, dan jenis konten lainnya. Konten yang baik dan menarik harus bersifat informatif dan dekat dengan kehidupan sehari-hari agar audiens mendapatkan cukup informasi dan merasa dipahami.
Menurut studi yang dilakukan The New York Times, Customer Insight, dan Latitude Research, sekitar 49% pengguna media sosial membagikan konten digital karena beranggapan konten tersebut bernilai, mencerahkan, dan menghibur. Mereka ingin berbagi informasi kepada audiens lain tentang produk yang mereka sukai dan dukung, pendapatnya akan suatu hal, atau memotivasi orang lain untuk ikut melakukan sesuatu (iMarketology, 2020).
Referensi
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/konten
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H