Lihat ke Halaman Asli

Info Bimtek Keuangan Terbaru

Diperbarui: 18 Juni 2018   11:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

info bimtek keuangan pusdiklat pemendagri

Keuangan merupakan salah satu pondasi dalam membangun pemerintahan yang bersih dan bermutu, karena jika bidang keuangan baik maka akan menunjang yang lainnya. Sehingga kami merasa sangat perlu untuk melakukan pelatihan bagi pegawai ataupun honorer yang mengurusi bidang keuangan, baik itu yang ada di pusat ataupun provinsi, kabupaten hingga desa.

Maka dari itu Pusdiklat Pemendagri akan mengadakan bimtek yang diselenggarakan secara aktif setiap bulannya. Anda tinggal mengikuti jadwal yang telah kami siapkan dari pilihan yang ada dibawah artikel ini.

Informasi lebih lengkap, silahkan hubungi kami:

Pusdiklat Pemendagri

Jl. Cemara Ujung Blok 11 no.2, Lantai 2

Telpon / SMS / WA: 08121391177

Email: info@pusdiklatpemendagri.co.id

Informasi lainnya bisa anda simak melalui info bimtek keuangan terbaru dibawah ini.

Info Diklat Keuangan Pusdiklat Pemendagri

Kami telah menyiapkan beberapa materi bahasan untuk semua lembaga pemerintahan dengan narasumber dari berbagai bidang keilmuan, baik itu dari pemerintahan sendiri ataupun dari lembaga pendidikan atau universitas.

Anda tinggal datang langsung ke lokasi bimtek terdekat dengan mengikuti jadwal bimtek keuangan yang telah kami siapkan. Anda bebas memilih sendiri waktu dan lokasi yang diinginkan.

Untuk bimtek keuangan, ada beberapa materi untuk pemerintahan, baik itu untuk aparatur sipil negara di desa, kabupaten ataupun provinsi. Berikut beberapa diantaranya:

Materi Bimtek Keuangan

Anda bebas memilih materi yang tersedia dibawah ini, atau bisa juga meminta sendiri materi pembahasan baru jika peserta lebih dari 5 orang.

  1. Sosialisasi Pedoman Umum Penyusunan APBD 2019;
  2. Sosialisasi Perpres No. 10 Tahun 2015 tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Mekanisme Pengalokasian Anggaran Transfer ke Daerah;
  3. Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA),PPTK, PPK Dan Bendahara;
  4. Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
  5. Pedoman Penyusunan Dan Pengendalian Renja SKPD dan RKPD;
  6. Penatausahaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa;
  7. Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU);
  8. Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan SKPD;
  9. Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja;
  10. Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Berbasis Akrual (Pp No.71/2010 & Permendagri No.64/2013);
  11. Mekanisme Pengelolaan Hibah (PMK Nomor 191/PMK.05/2011);
  12. Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah;
  13. Penyusunan Neraca Awal Dan Akhir Pemerintah Daerah;
  14. Perencanaan, Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah;
  15. Review Laporan Keuangan Daerah Sesuai Dengan Permendagri No. 4 Tahun 2008;
  16. Standarisasi Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN);
  17. Tata Cara Pegadaan Pinjaman Luar Negeri & Penerimaan Hibah (PP No.10 THN 2011);
  18. Tata Cara Penyusunan RKA dan DPA Instansi Pemerintah;
  19. Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pertanggungjawaban Perjalanan Dinas Berdasarkan Permendagri No. 16 Thn 2013;
  20. Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa yang dilengkapi dengan pengadaan Barang dan Jasa di Desa dan audit Pemeriksaan BPK terhadap Pengelolaan Keuangan Desa;
  21. Peningkatan Kapasitas Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Penatausahaan, Pertanggungjawaban Keuangan Daerah serta Strategis Menghadapi Audit dalam Penyusunan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan;
  22. Sistem Penatausahaan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah & Strategi Mengahadapi Audit dalam Penyusunan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan berdasarkan Standar Akutansi Pemerintah;
  23. Manajemen Pengelolaan Keuangan Pajak Dan Retribusi Daerah serta Kedudukan Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB );
  24. Tata Cara Menghitung Biaya Iuran, Klaim Dan Pemberian Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Berdasarkan PP No.70 Tahun 2015;
  25. Pedoman Teknis Pemberian Dana Hibah Dan Bantuan Sosial;
  26. Penerapan Program Aplikasi Simda Keuangan Versi 2,7 berbasis Akrual dilingkungan Pemerintah Daerah dan satuan kerja perangkat Daerah (SKPD);
  27. Verifikasi Dan Rekonsiliasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara;
  28. Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara serta Penyampaiannya;
  29. Akuntansi Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD;

Kami berharap bisa menjadi rekanan anda dalam melaksanakan diklat keuangan di tahun ini, untuk selengkapnya silahkan simak jadwal yang ada dibawah ini.

Jadwal Bimtek Keuangan Juli 2018

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline