Lihat ke Halaman Asli

Tahun Baru dengan Berkat Baru

Diperbarui: 12 Januari 2024   07:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar: pexels.com

Kita sudah sebelas hari hidup di tahun baru 2024. Hidup dengan berkat Tuhan. Untuk mendapatkan berkat yang baru harus meninggalkan yang lama.

Apa yang lama itu dan harus ditinggalkan? Sebelum meninggalkan yang lama harus ada komitmen yang baru dari diri kita itu. Tentu kita punya kebiasaan yang sekiranya di tahun 2023 itu adalah kebiasaan yang buruk. Kebiasaan yang lama dan buruk itu diantaranya adalah sifat amarah dan geram. Marah dan geram itu merugikan diri sendiri dan orang lain.  

Kalau suka marah dan geram dapat meningkatkan tekanan darah dan menjadi tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di otak menjadi pecah yang akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Kebiasaan yang lama dapat kambuh kembali.

Secara sosiologis, amarah dan geram dapat membuat kita dikucilkan dari tengah tengah masyarakat. Kita tidak dapat bersahabat lagi karena sifat amarah dan geram itu.

Idealnya ada janji dalam diri untuk mau meninggalkan kebiasaan yang lama dan buruk ini, maka ada berkat yang didapatkan.  Berkat itu adalah berkat kesehatan jasmani, kesehatan mental  dan kesehatan rohani.  Karena itu di tahun yang baru ini ada komitmen untuk meninggalkan kebiasaan yang lama. 

sumber gambar: pexels.com

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline