Lesson Study Rohnya Guru Penggerak
Lesson Study: Mengembangkan Pembelajaran yang Berkualitas melalui Kolaborasi dan Refleksi antar Guru teman sejawat
Pengenalan
Pembelajaran adalah suatu proses yang kompleks dan dinamis yang melibatkan banyak faktor, termasuk guru, siswa, kurikulum, materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta lingkungan pembelajaran dan tentunya keterlibatan orang tua sangat diperlukan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru perlu terus-menerus memperbaiki praktik pembelajaran dikelas melalui kolaborasi, refleksi, dan pembelajaran berkelanjutan. Salah satu pendekatan yang dapat membantu guru dalam upaya ini adalah Lesson Study. Dengan mengedepankan kegiatan berupa Plan Do See.
Apa itu Lesson Study?
Lesson Study adalah suatu pendekatan pengembangan profesionalisme guru yang berasal dari Jepang. Dalam Lesson Study, guru bekerja secara kolaboratif dalam suatu kelompok untuk melakukan perencanaan (Plan), melaksanakan kegiatan (do)dan merefleksikan suatu pelajaran(see) Proses Lesson Study melibatkan beberapa tahap, antara lain:
Merencanakan pelajaran secara kolaboratif(plan)
Melaksanakan pelajaran oleh salah satu guru dalam kelompok(do)
Mengamati dan merekam pelajaran oleh seluruh anggota kelompok
Menganalisis dan merefleksikan pelajaran bersama-sama
Menciptakan rencana aksi untuk meningkatkan praktik pembelajaran berdasarkan hasil refleksi.(see)
Manfaat Lesson Study
Lesson Study memiliki beberapa manfaat, bagi Guru dan siswa antara lain:
Meningkatkan kualitas pembelajaran: Dalam Lesson Study, guru dapat berkolaborasi untuk mengembangkan dan memperbaiki praktik pembelajaran mereka. Proses refleksi yang dilakukan juga dapat membantu guru memperbaiki aspek-aspek tertentu dalam pelajaran. Kesemua itu akan bermuara pada perbaikan hasil belajar siswa.
Meningkatkan kolaborasi antar guru: Lesson Study melibatkan kerja sama antar guru dalam suatu kelompok. Proses ini dapat meningkatkan kolaborasi dan saling belajar antar guru. Dengan demikian proses belajar Guru dalam meningkatkan kompetensi nya akan terus tumbuh dan berkembang.
Meningkatkan kepercayaan diri guru: Dalam Lesson Study, guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota kelompok mengenai praktik pembelajaran mereka. Proses ini dapat meningkatkan kepercayaan diri guru dalam mengajar. Dan tentunya harapannya adalah Proses belajar dan mengajar akan saling mendukung.
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru: Lesson Study melibatkan pembelajaran berkelanjutan bagi guru. Dalam proses ini, guru dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat meningkatkan praktik pembelajaran mereka.
Kesimpulan
Guru penggerak adalah mereka yang sudah dididik untuk memiliki mindset pembelajar. Mereka memiliki dedikasi yang luar biasa dalam memberikan pelayanan pembelajaran dikelas. Kinerjanya sudah tidak diragukan lagi. Dengan demikian apa yang ada dalam teori Lesson Study ada semua pada mereka. Roh dari mindset guru penggerak semua dapat menjawab kegiatan Lesson Study di sekolah.
Lesson Study merupakan pendekatan pengembangan profesionalisme guru yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui kolaborasi, refleksi, dan pembelajaran berkelanjutan, guru dapat terus-menerus memperbaiki praktik pembelajaran mereka. Oleh karena itu, Lesson Study dapat menjadi salah satu pendekatan yang sangatlah relevan dengan sepak terjang kawan kawan guru penggerak.
IKN. Minggu, 2 April 2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H