Coaching Dan Keterkaitannya Dengan Peran Guru Sebagai Penuntun Pembelajaran Murid, Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Pembelajaran Sosial Emosional
Oleh : Purwanto, M. Pd
CGP kelas 100 A/ IV Kab. Sidoarjo
A. Pengertian Coaching dan keterkaitannya dengan Peran Guru Sebagai Penuntun Pembelajaran murid
Coaching adalah sebuah proses kolaborasi dua fihak yakni antara coach dengan coachee yang dilakukan dengan langkah – langkah pembicaraan yang sistematis dan berfokus pada hasil yakni menemukan solusi permasalahan yang sedang dialami coachee.
Pada proses coaching, coach sebagai penuntun berusaha memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri dan pertumbuhan pribadi dari coachee yang dituntunnya.
B. Keterkaitan antara coaching dengan Peran guru sebagai Pemimpin Pembelajaran murid
Dalam dunia pendidikan, keberadaan teori problem solving yang menggunakan pendekatan model coaching ini sangat membantu guru dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran.
Coaching ini apabila diaplikasikan oleh seorang guru sebagai penuntun pembelajaran kepada murid – muridnya maka hasilnya sangat membantu guru dalam memfasilitasi peningkatan performa belajar, pengalaman hidup, pembelajaran diri dan pertumbuhan pribadi dari murid – murid yang dituntunnya.
Selain itu, dengan menggunakan pendekatan model coaching ini, seorang guru akan mampu mendorong murid - muridnya terbiasa mengembangkan kemampuan murid dalam berkomunikasi, berkolaborasi dan berpikir kreatif selama proses coaching berlangsung untuk menggali potensinya sendiri sebagai bekal menyelesaikan permasalahan yang sedang dhadapinya guna mencapai kemerdekaan dalam belajar.