Layanan konseling ini dilakukan di SMK Negeri 1 JIwan dengan 7 peserta didik yang memilki masalah yang sama.
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan konseli kesulitan membuat jadwal belajar melalui Konseling Kelompok.
Tujuan yang ingin dicapai :
Konseli dapat merubah perilaku untuk disiplin belajar
Konseli dapat mengatur jadwal pelajaran dengan teratur
Situasi Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini,
1. Latar belakang masalah
Berdasarkan need asesmen pada peserta didik kelas X Bisnis Digital , konseli merasa malas belajar dan kalau belajar sering mengantuk sebesar 85 %. Kemudian dari hasil wawancara dan observasi oleh guru Mapel dan Konselor ditemukan Permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor , diantaranya konseli belum bisa mengatur jadwal belajarnya dengan baik, merasa bosan dengan pelajaran yang panjang durasinya, konseli merasa tidak nyaman belajar di rumah karena diminta untuk menjaga warung di rumah, konseli lebih suka pelajaran praktik dari pada teori. Maka dari itu diberikan layanan konseling kelompok.
2. Alasan praktik ini dibagikan karena konseli perlu mempunyai jadwal belajar yang teratur
3. Peran dan tanggung jawab konselor
- Mendorong terjadinya dinamika kelompok
- Mengarahkan perubahan perilaku konseli
- Mencairkan suasana