Lihat ke Halaman Asli

Desain Rumah dengan 3 Kamar Tidur (Seri 1)

Diperbarui: 18 Juni 2015   05:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada artikel ini akan dibahas lebih detil mengenai mendesain denah rumah secara mandiri melalui situs griyainstan.com. Desain yang akan dibahas adalah desain denah rumah 1 lantai dengan 3 kamar tidur. Terdapat banyak desain denah rumah untuk 3 kamar tidur yang tersedia. Kali ini akan dibahas 1 desain tertentu. Spesifikasi yang dimasukkan adalah sebagai berikut. Lebar lahan 9 meter. Panjang lahan 17 meter. Rumah tidak dilengkapi garasi. Berikut ini adalah desain pertama yang dihasilkan. Denah rumah yang dihasilkan terbagi menjadi 3 split. 2 Kamar tidur pertama menghadap ke depan. 1 kamar tidur berada di belakang. Ketiga kamar tidur pertama berukuran 3 m x 4,75 m. Kamar mandi berada di antara kamar tidur kedua dan ketiga. Kamar mandi berukuran 1,5 m x 2 m. Ruang tamu dan ruang keluarga berada di bagian samping dan bukan di bagian tengah. Dapur juga berada di bagian kiri. Adapun ruang makan berada di bagian tengah. Desain berikutnya dilakukan dengan mengubah spesifikasi dengan mengeset salah satu kamar tidur memiliki kamar mandi di dalam. Desain yang dihasilkan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa kamar mandi internal diletakkan pada kamar tidur pertama. Kamar mandi tersebut berukuran 2,5 m x 2 m. Desain berikutnya didapat dengan membuat ada 2 kamar tidur yang memiliki kamar mandi di dalam dan ada 2 kamar mandi di luar. Panjang lahan juga diperkecil. Desain yang dihasilkan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Berdasarkan gambar di atas dapat dilihat bahwa kedua kamar tidur yang menghadap depan memiliki kamar mandi di dalam. Ukuran kamar tidur juga mengecil menjadi 3 m x 3,875 m. Posisi kedua kamar mandi luar saling bersebelahan. Kamar mandi kedua berukuran 2 m x 2, 25 m. Ukuran kamar mandi kedua tersebut dialokasikan agar tersedia bathub pada kamar tidur kedua. Berikut ini adalah desain denah yang dihasilkan ketika ukuran lahan dimaksimalkan.

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa ukuran rumah beserta ruang-ruangnya secara otomatis membesar. Dapat dilihat perbandingan bahwa pada lebar lahan pertama, lebar ruang tamu dan kamar tidur sama yaitu 3 m. Pada desain terakhir, dapat dilihat bahwa lebar ruang tamu 5,5 m dan lebar kamar tidur 4,25 m. Demikian paparan mengenai salah satu desain denah rumah yang dihasilkan melalui www.griyainstan.com. Pada tulisan berikutnya Insya Allah akan dibahas mengenai desain-desain denah rumah yang lain.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline