Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan saya kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti proses pelatihan instruktur mengemudi sampai tahap ini. Perjalanan masih panjang, tetap memberikan semangat untuk saya bergerak dan bergerak di komunitas kita masing-masing. Dengan mengikuti perjalanan mobilisasi guru, kami telah mendapatkan banyak hal dan pengalaman khusus, materi yang sangat bermanfaat yang dapat langsung diterapkan di sekolah kami sendiri, dan pengalaman teman-teman CGP lainnya yang juga dapat diterapkan di sekolah kami sendiri.
Yakni, menurut pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pengertian pendidik, seorang pendidik hanya dapat mengarahkan pertumbuhan atau kehidupan daya kodrat pada anak, sehingga mereka memperbaiki tingkah lakunya (bukan secara fundamental) kehidupan dan pertumbuhan anak. kekuatan alami seorang anak. Seorang anak bukanlah batu tulis kosong yang dirancang sesuai dengan keinginan orang dewasa." Anak dilahirkan dengan kekuatan alam yang belum terdefinisi untuk memperbaiki tingkah lakunya menjadi manusia seutuhnya. Perilaku anak dari konteks diri anak dan dengan bantuan pembebasan sosial budaya. pati Guru tidak hanya berperan sebagai pembimbing dan fasilitator dalam pembelajaran, tetapi guru juga merupakan sahabat siswa. Menurut konsep pelatihannya, yaitu menyerupai sawah sebagai sekolah benih. Perawatan yang tepat untuk benih ini membutuhkan pupuk yang tepat. Dan jangan pernah berharap jika kita menanam jagung, padi akan tumbuh dan sebaliknya. Di sini kita diajarkan bahwa anak-anak harus tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Dalam Modul 1 ini, CGPs juga akan mendapatkan materi membangun budaya positif di sekolah.Budaya positif merupakan perwujudan dari nilai-nilai universal atau keyakinan yang diterapkan di sekolah. Budaya positif di sekolah tidak dapat diciptakan begitu saja, penerapan budaya positif di sekolah membutuhkan kepemimpinan dari guru dan panutan. Guru harus memberikan contoh yang baik agar siswa mengikuti apa yang dilakukan guru dengan kesadarannya sendiri.
Oleh karena itu, sekolah harus menyediakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman bagi siswa untuk berpikir, bertindak, dan berkreasi secara mandiri, mandiri, dan bertanggung jawab. Salah satu strategi yang perlu ditinjau kembali adalah bentuk kedisiplinan yang digunakan selama ini di sekolah kita.
sebagaimana Dr. William Glasser dalam Teori Kontrol mengkoreksi sejumlah miskonsepsi tentang kontrol, antara lain:
Ilusi bahwa guru membimbing siswa, ilusi bahwa semua penguatan positif efektif dan berguna. Penguatan atau dorongan positif adalah bentuk kontrol. Ilusi bahwa kritik dan rasa bersalah dapat memperkuat karakter. Ilusi bahwa orang dewasa memiliki hak untuk memaksa. Semua ini harus diperbaiki. Penerapan budaya positif di sekolah tidak lepas dari peran dan nilai-nilai guru. Untuk menerapkan budaya positif, guru harus mampu berkembang menjadi pemimpin pembelajaran yang memiliki nilai-nilai ramah siswa, mandiri, kreatif, inovatif, reflektif dan kolaboratif untuk menerapkan kepemimpinan siswa. Pembiasaan budaya positif sekolah tentunya tidak berjalan sendiri-sendiri, diperlukan kerjasama yang baik antara seluruh guru dan siswa, sehingga kita sebagai instruktur penggerak masa depan dapat dan mau mengajak serta menggerakkan masyarakat di lingkungan sekolah. untuk memastikan bahwa budaya sekolah yang efektif dapat diimplementasikan.
Budaya positif yang diterapkan di sekolah merupakan perwujudan dari visi guru, karena visi guru harus memuat nilai-nilai luhur yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang dijabarkan dalam karakter profil siswa Pancasila yaitu; 1) beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlaq mulia, 2) mandiri, 3) gotong royong, 4) berkebhinekaan global, 5) bernalar kritis dan 6) kreatif.
Kemudian pada modul 1 CGP juga mendapatkan materi tentang keyakinan kelas dimana pembentukan keyakinan lebih memotivasi seseorang dari dalam atau internal. Seseorang yang tergerak dan terinspirasi untuk menjalankan keyakinannya alih-alih berpegang teguh pada aturan. Siswa sama, mereka perlu mendengarkan dan mempelajari keyakinan daripada hanya mendengarkan peraturan yang menyuruh mereka untuk bertindak dengan satu atau lain cara. Selama ini menurut saya keyakinan atau kesepakatan kelas dibuat oleh guru sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran. Namun, setelah mempelajari modul ini, saya memahami bahwa keyakinan mengajar harus dibuat berdasarkan umpan balik atau masukan siswa, dan saya memahami bahwa keyakinan mengajar dapat direvisi kapan saja jika diperlukan. Pada modul ini praktik CGP membuat kepercayaan kelas bersama siswa di sekolahnya sendiri, merupakan sesuatu yang luar biasa bagi seorang guru atau siswa karena dengan kepercayaan kelas ini lebih mudah bagi guru untuk mengatur siswa dan siswa dapat menerapkan kepercayaan yang ada di antara mereka sendiri. . . bertanggung jawab setuju untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih nyaman dan menyenangkan.
Dalam modul ini, CGP juga mendapatkan materi tentang kebutuhan dasar manusia yaitu. kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Segala sesuatu yang dilakukan orang memiliki tujuan, dan mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah upaya terbaik mereka.
Seseorang memiliki 5 kebutuhan dasar; 1) kebutuhan untuk bertahan hidup; 2) keterikatan dan perasaan menerima (cinta dan memiliki); 3) kebebasan (kebebasan); 4) menyenangkan (menyenangkan); 5) Penguasaan (kekuatan). Ketika seorang siswa melakukan perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai kebaikan atau melawan aturan, sebenarnya karena dia tidak memenuhi kebutuhan dasarnya.
Jika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan cara yang positif, mereka akan berusaha mendapatkannya dengan cara yang negatif. Seorang siswa yang tidak berprestasi secara akademis mungkin tidak memenuhi kebutuhannya akan kekuasaan di sekolah. Oleh karena itu, dia mungkin berusaha memuaskan kebutuhannya akan kekuasaan dengan mencoba membawa orang lain ke lapangan atau bahkan dengan menyakiti mereka secara fisik. Oleh karena itu, sebagai guru, kita dapat melibatkan mereka dalam kegiatan yang memberikan kesempatan kepada siswa tersebut untuk mencapai prestasi yang berarti
Dalam modul ini saya juga diminta, sebagai guru, untuk memahami lima stasiun kontrol. Dr. William Glasser menyimpulkan dalam Teori Kontrolnya bahwa ada 5 posisi kontrol dalam kontrol seorang guru, orang tua atau pengawas. Lima posisi kontrol adalah Punisher, Guilt Maker, Friend, Monitor dan Manager. Seorang guru profesional memegang posisi senior pengawas dan administrator.
Posisi pengawas adalah guru terlibat dengan siswa, memberi siswa kesempatan untuk bertanggung jawab atas perilaku mereka, mendukung siswa dalam menemukan solusi untuk masalah mereka sendiri.