Lihat ke Halaman Asli

Pupung

Mahasiswa

Bantuan Mengajar Berbasis IT Oleh KKN-T Kelompok 55 UNIPMA

Diperbarui: 9 Maret 2023   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koordinasi pelaksanaan pembelajaran dengan pihak sekolah. dokpri

KKN-T Kelompok 55 UNIPMA memiliki berbagai program kerja yang disasarkan kepada masyarakat, pelaku UMKM, anak-anak sekolah, balita, lansia, PKK dll. Salah satu program kerja yang diusung yaitu memberikan bantuan tenaga pengajar di sekolah daerah setempat. KKN-T Kelompok 55 UNIPMA ditempatkan di Desa Kenongorejo, Pilangkenceng, Madiun. Pada minggu awal pelaksanaan KKN, tim meminta izin untuk melaksanakan program kerja berupa bantuan mengajar di sekolah. Setelah diskusi terjadi antara pihak sekolah dan perwakilan Tim KKN maka disepakati bahwa Tim KKN diizinkan untuk mengajar di SDN kenongorejo 2. Tim KKN diamanahi untuk mengajar kelas 1-5. Materi yang disampaikan untuk Kelas 1-3 fokuskan pada buku tema dan pemantapan kemampuan calistung (baca, tulis, hitung), kemudian untuk Kelas 4 materi yang disampaikan berupa materi literasi, numerasi dan IT. Lalu materi untuk Kelas 5 difokuskan pada mata pelajaran Ujian.

Pembelajaran berbasis IT di SDN Kenongorejo 2 dibantu oleh fasilitas sekolah yaitu Chromebook dari pemerintah. Disini, tim KKN mengenalkan penggunaan Chromebook pada siswa. Hal ini dimaksudkan agar siswa terbiasa mengoperasikan Chromebook sebagai salah satu persiapan dalam kegiatan AKM. Tim KKN membuat soal-soal yang dikemas dengan memanfaatkan google form, kemudian link tersebut dibagikan kepada siswa untuk dapat diakses. Sebelumnya, tim KKN telah memberikan materi literasi dan numerasi pada siswa. Sehingga soal-soal dalam google form yang telah dibuat dapat dijadikan evaluasi pembelajaran sebelumnya. Evaluasi ini diserahkan kepada guru kelas untuk dapat ditindaklanjuti. Siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM akan mendapatkan bimbingan khusus oleh guru sebelum kemudian diminta tes ulang atau remidi. Sedangkan nilai yang telah mendapatkan nilai diatas KKM maka akan mendapatkan soal pengayaan untuk memperdalam pemahaman materi.

Evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan google form. dokpri

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran berbasis IT. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul saat pembelajaran berlangsung. Siswa mengikuti pembelajaran dengan aktif dan tertib. Sebelum evaluasi, Mahasiswa KKN akan mengambil beberapa Chromebook dari ruang guru. Kemudian, tim akan menyiapkan Chromebook agar siap dipakai. Salah satu mahasiswa KKN menuliskan link google form di papan tulis kemudian yang lainnya memandu siswa untuk mengetikkan link tersebut pada Chromebook yang sudah disiapkan sebelumnya. Tim KKN mendampingi siswa mengakses google form dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Setelah setesai siswa dapat mengakhiri tes dan melihat skor yang diperoleh. Kegiatan berlangsung sangat kondusif. Kami berharap dengan adanya kegiatan pembelajaran berbasis IT ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan gadget. Selain itu, kami berharap bahwa gadget dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk keperluan sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline