Lihat ke Halaman Asli

Puppy

Explorer

Ada Pura di Bawah Laut Amed?

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Underwater Amed

Pantai Amed, Bali. Pantai Amed adalah salah satu surga bagi para penggemar snorkeling/diving di Bali. Awalnya saya agak ragu jalan-jalan ke Pantai Amed karena berpikir "Emang bagus gitu underwater pantai yang berpasir hitam? Bukankah biasanya tempat snorkeling berada di dekat pantai berpasir putih ya?". Karena iming-iming pura di bawah laut dan pecahan kapal karam (shipwreck) yang berubah jadi terumbu karang, sayapun tertarik mengunjungi Amed bersama teman-teman saya.

Underwater Amed

Ternyata, terumbu karang di Amed sangat indah dan kaya akan berbagai macam jenis ikan yang sangat banyak jumlahnya. Hanya dengan snorkeling saja kita bisa berenang bersama ratusan bahkan mungkin ribuan schooling fish di pantai ini. Saya tidak begitu tahu jenis rombongan arisan ikan ini. Pokoknya, jenis ikannya mirip dengan ikan yang biasa kita makan, mungkin tenggiri, tongkol, cakalang, atau mungkin juga jenis ikan lain. Beberapa spesies ikan lain pun juga ada, seperti butterfly fish, pipe fish, angel fish, boxfish, dan berbagai macam ikan penghuni terumbu karang lainnya.

[caption id="" align="aligncenter" width="268" caption="Cukup snorkeling di permukaan saja kita sudah bisa berenang bersama ratusan (ribuan?) ikan di Amed"][/caption]

Kami tak perlu menyewa kapal untuk menuju ke spot snorkeling di Amed. Cukup berenang saja dari bibir pantai menuju ke area terumbu karang. Lumayan menghemat biaya karena tidak perlu menyewa kapal lagi kan? Untuk peralatan snorkeling bisa disewa disekitar Pantai Amed.

Di Desa Jemeluk, jalanan sedikit menanjak ke perbukitan sehingga tampak keindahan Amed dengan pemandangan terumbu karang dari atas dan Gunung Agung di belakang pantai ini.

[caption id="" align="aligncenter" width="272" caption="Teluk Jemeluk dilihat dari atas, tampak Pantai Amed dengan terumbu karang dibawahnya dan Gunung Agung sebagai latar belakangnya"]

Amed Bali

[/caption]

Sunrise di Pantai Amed

Berlokasi di bagian timur Pulau Bali membuat Amed menjadi tempat yang pas untuk berburu sunrise. Matahari terbit di Pantai Amed tak kalah cantiknya dengan keindahan bawah laut Pantai Amed. Kita cukup meluangkan waktu sejenak di pagi hari untuk menyaksikan sunrise di pantai ini.

[caption id="" align="aligncenter" width="272" caption="Sunrise di Amed. Walaupun cukup menggelinding beberapa meter saja dari hotel, perjuangan bangun paginya itu yang sangat berat Halaman berikutnya, pura bawah laut dan Japanese ship wreck di Amed"]

Amed

[/caption]

Pura di Bawah Laut?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline