Lihat ke Halaman Asli

Ina Widyaningsih

Staf TU SMPN 3 Pasawahan

Ketika Cakrawala Terbuka di Perpustakaan Purwakarta

Diperbarui: 4 Februari 2020   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perpustakaan Purwakarta | dokpri

Kaki melangkah pasti ketika memasuki gerbang Perpustakaan Purwakarta. Telah lama tempat ini menjadi tempat favoritku sejak masih SMA, dulu masih berlokasi di dalam kawasan Situ Buleud Purwakarta.

Kini Perpustakaan Purwakarta telah berpindah lokasinya tepat di belakang Diorama Nusantara yang terletak di Jalan K. K. Singawinata No. 47, tidak jauh dari Situ Buleud. Gedung baru Perpustakaan Purwakarta ini mulai diresmikan pada tanggal 12 Febuari 2019.

Perpustakaan Purwakarta kini sangatlah berbeda dengan yang dulu. Tempatnya yang lebih nyaman dapat menjadikan para pengunjungnya betah berlama-lama di sini. Setiap ruangan yang ber-AC membuat sejuk para pecinta buku untuk membaca di sini.

Ruang membaca anak | dokpri

Hiasan dinding dengan gambar 3 dimensi | dokpri

Ruang membaca remaja | dokpri

Ruang membaca bagi orang dewasa | dokpri

Semua fasilitas di sini sangat memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Kebersihannya pun selalu terjaga juga kerapihannya yang tertata dengan apik.

Belum lagi pelayanannya yang sangat berkembang dengan pesat telah menjadikan Perpustakaan Purwakarta banyak dikunjungi tamu dari luar daerah untuk dijadikan tempat studi banding.

Beberapa pelayanan di Perpustakaan Purwakarta antara lain :

1) MARANGGI (Maca Rame-rame NGanggo diGItal) yang bisa didownload aplikasinya di google play store yaitu e-Perpus Purwakarta.

2) SIMPING (Sumber Informasi Melalui Perpustakaan Keliling) yang siap menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

3) GETUK LINDRI (GErakan unTUK LIterasi manDiRI) yaitu sebagai fasilitator dengan pengadaan buku bagi taman baca masyarakat yang baru berdiri.

4) NGALA MANGGU (NGAbuka LAyanan Sabtu MINGGU) untuk melayani para pengunjung dengan liburan edukasi.

5) PALA MANGGU (PeLAyanan hari MINGGU) yaitu membuka lapak membaca pada hari minggu yang bertempat di sekitar Car Free Day.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline