Lihat ke Halaman Asli

Puji Sholeha

Content Creator

5 Manfaat Bunga Telang

Diperbarui: 9 Juni 2023   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Clitoria ternatea atau biasa dikenal dengan Bunga Telang merupakan tanaman merambat yang biasa ditemukan di sekitar pekarangan rumah, kebun bahkan tumbuh secara liar di kebun dan hutan. Bunga berbentuk corong serta mahkota berbentuk kupu-kupu ini memiliki tiga warna yaitu ungu, biru dan putih. Akhir-akhir ini Bunga Telang semakin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Selain dijadikan pewarna alami untuk makanan maupun minuman, Bunga Telang ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut 5 manfaat Bunga Telang untuk kesehatan :

1. Meringankan Gejala Depresi

Siapa sangka, bunga berwarna ungu yang cantik ini dapat meringankan gejala depresi. Bunga Telang mengandung asam palmitat yang mirip dengan asam linoleat yang merupakan asam amino esensial yang bisa mengontrol kolestrol dalam tubuh manusia. Manfaat yang didapat adalah bisa melindungi sel saraf pusat dari kerusakan. Asam palmitat juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai antidepresan alami.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat lain yang didapat dari Bunga Telang adalah bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Ektrak biji Bunga Telang mengandung  asam amino gligosida sedangkan tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Hal ini telah dibuktikan melalui uji coba pada hewan yang diberikan ekstrak biji dan akar Bunga Telang. Asam amino gligosida dan senyawa fenolik yang bersifat anti inflamasi dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka. 

3. Melancarkan Pencernaan

Antioksidan yang terdapat pada Bunga Telang bisa membantu melancarkan pencernaan. Meminum teh Bunga Telang satu-dua kali dalam seminggu dapat membantu mengeluarkan racun yang terdapat pada sistem pencernaan. 

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Bunga Telang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Rutin konsumsi teh Bunga Telang dapat membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit, selain itu teh bunga telang juga dapat mencerahkan kulit kusam dan membantu menyamarkan warna kulit yang tidak merata. 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Bunga Telang membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang sangat tinggi dalam darah. Konsumsi teh Bunga Telang juga dapat mengatasi sejumlah penyakit jantung seperti : Penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline