Lihat ke Halaman Asli

Puji Metaazhari

Berita terbaru

Pastel Mini nan Unik dari Ranca Bungur

Diperbarui: 2 Maret 2020   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampilan Pastel Mini Hasil Produksi UMKM Ranca Bungur--dokpri

Pastel Mini ala Bu Nti menjadi salah satu ikon kuliner khas Ranca Bungur. Jika berkunjung ke desa Ranca Bungur tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi Pastel mini ala Bu Nti. Kenapa tidak, cemilan ini sangat berbeda dibanding cemilan yang sering kita jumpai di daerah lain.

 Di kabupaten Bogor, tepatnya di Kampung Ranca Bungur, RT. 02 RW. 10, terdapat UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memproduksi cemilan unik dan lezat. Cemilan ini diproduksi langsung oleh pemilik usaha tersebut, yang akrab disapa Bu Nti. Ia membuat inovasi cemilan yang  disebut "Pastel Mini". Dilihat dari namanya "Pastel Mini" yang berarti pastel yang berukuran kecil atau mini. Cemilan berbahan dasar tepung terigu ini diisi dengan tiga varian rasa yang berbeda, yaitu kelapa manis, kelapa pedas, dan abon.

Usaha ini sudah berjalan dari tahun 2012. Dalam memulai usahanya, Bu Nti mengembangkan idenya yang kemudian produksi bersama dua saudaranya, dan  diproduksi dengan cara manual. Hingga sampai saat ini usahanya berkembang dan Bu Nti memiliki lima orang karyawan. Walaupun sudah hampir delapan tahun berjalan, rasa khas dan gurihnya pastel mini ini tidak pernah berubah.

 Bu Nti memasarkan hasil produksinya ke berbagai toko atau agen kue. Biasanya pesanan meningkat pada saat bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut sangat menguntungkan Bu Nti karena dalam sekali pemasaran, Bu Nti bisa menjual sampai dengan 2 Kwintal, dan dalam satu minggu bisa mencapai tiga kali pemasaran.

Tidak hanya menjual dalam jumlah besar, kita juga bisa membeli seharga Rp. 30.000 per kg. Ia juga menyediakan ukuran kecil atau satuan  yaitu 200g per pics. Untuk satu Pics Pastel mini kita bisa mendapatkannya dengan harga rp. 10.000 yang tentunya sangat terjangkau dan juga ramah dikantong. Jika ingin membeli Pastel Mini tersebut bisa menghubungi kontak (WA 08557628557) atau datang langsung ke rumah beliau.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline