Lihat ke Halaman Asli

Puji Khristiana

Ibu rumah tangga 2 anak yang hobi menulis

5 Fakta tentang Investasi yang Tidak Banyak Orang Tahu

Diperbarui: 4 Februari 2022   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi investasi emas untuk pemula. (DOK. SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com)

Apa itu investasi? Secara sederhana, yang dinamakan dengan investasi adalah menunda konsumsi sekarang untuk disimpan lalu dinikmati di masa yang akan datang.

Sederhana, bukan? Sangat sederhana sekali. Inilah alasan mengapa membahas tentang investasi tidak perlu dengan teori yang rumit. Meski dalam penerapannya memang tidak semudah teorinya.

Misalnya saja sekarang kamu punya uang 10 ribu. Anggap saja itu uang nganggur. Dalam artian tidak untuk membeli keperluan yang sifatnya penting dan harus ada untuk sekarang.

Tiba-tiba tukang siomai lewat. Nafsumu membujuk untuk membeli siomai. Toh cuma 10 ribu saja. Perut kenyang, tidak masalah uang melayang.

Tapi entah dari mana, tiba-tiba ada suara hati yang tak mau kalah untuk membujuk. Daripada digunakan untuk beli siomai, mending uangnya digunakan untuk membeli tahu pong sebungkus, tepung terigu seperempat kilo, dan sayur kol dua ribu. Sisa 2 ribu asumsi untuk minyak goreng dan bumbunya.

Dengan total belanja 10 ribu akan jadi 10 tahu goreng isi. Dijual kembali dengan harga 1.500 per bijinya. Uang jadi 15 ribu. Masih untung 5 ribu.

Atau misal kamu ingat masa kecil dulu. Punya uang 100 rupiah. Dibuat beli jajan yang ada undian di dalamnya. Memang masib lagi mujur, dapat jajan yang di dalamnya ada undian uang seribu rupiah.

Inilah definisi investasi secara sederhana. Menunda beli siomai hanya demi bisa menikmati uang 10 ribu menjadi 15 ribu untuk keesokan harinya. Atau membelanjakan uang 100 rupiah untuk membeli jajan dengan undian berhadiah meski kamu tetap bisa memilih menggunakan uang tersebut untuk membeli barang konsumsi lainnya.

Dari gambaran sederhana ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa investasi memiliki beberapa fakta yang tidak banyak diketahui orang. Antara lain :

Pertama, Tidak Hanya Untuk Orang Kaya Saja

Bicara masalah investasi, selalu diidentikkan dengan kemampuan orang-orang kaya. Kemampuan yang hanya dimiliki oleh mereka yang berlebih. Padahal nyatanya tidak harus seperti itu.

Investasi itu pilihan. Bahkan mereka yang berlebih secara ekonomi tetap saja memiliki pilihan untuk memilih menghabiskannya sekarang daripada untuk investasi masa depan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline