Lihat ke Halaman Asli

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-8

Diperbarui: 9 April 2023   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE 8 

(Modul 2.3 dan Modul 3.1)

NAMA      : PUJI ASTUTI

SEKOLAH   : SD NEGERI 3 PAKEL

KELAS      : 134 B

PERIODE   : 19 Maret-01 April 2023

Assalamu'alaikum wr.wb.

Saya Puji Astuti, Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Trenggalek. Di jurnal dwi mingguan, saya menulis refleksi mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah saya lalui selama dua minggu, yaitu pada modul 2.3 bagian Demonstrasi Kontesktual, Elaborasi Pemahaman hingga Post Test Modul 2.3 Coaching untuk supervisi akademik, dan dilanjutkan Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai kebajikan sebagai pemimpin, yaitu kegiatan pretest modul 3.1 dilanjutkan, Mulai diri dan Eksplorasi Konsep Mandiri.

Jika pada dwi Mingguan ke 7 saya memilih model DEAL (Description, Examination, Articulation of Learning) Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). Maka pada jurnal refleksi Dwi Mingguan ke 8, saya memilih Model Segitiga Refleksi. Berikut pemaparannya:

Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami

Dalam menerapkan coaching dalam dunia pendidikan (sekolah) membutuhkan suatu pola pikir baru yang berbeda dengan pola pikir saya sebelumnya. Pelaksanaan supervisi akademik berbasis coaching merupakan suatu langkah nyata yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas siswa melalui perbaikan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Untuk bisa menerapkan coaching dalam kehidupan di sekolah maka seorang guru perlu banyak membaca, melihat video coaching dan yang terpenting selalu berlatih mengasah kemampuannya untuk malakukan coaching dengan rekan kerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline